Kebakaran Hutan Gunung Panderman, Rusak Habitat Elang Jawa hingga Sekat Titik Api

Kompas.com - 23/07/2019, 08:53 WIB
Kepulan asap akibat kebakaran hutan membumbung di Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur, Senin (22/7/2019) ANDI HARTIKKepulan asap akibat kebakaran hutan membumbung di Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur, Senin (22/7/2019)

MALANG, KOMPAS.com - Hutan lindung di Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur terbakar sejak Minggu (21/7/2019) malam. Kobaran api mulai terlihat pada pukul 19.45 WIB dan terus meluas.

Pendaki selamat

Tidak ada pendaki yang terjebak akibat kebakaran itu. Meskipun kebakaran terjadi di tiga titik secara bersamaan, yakni di kawasan puncak, Curah Banteng dan Parang Putih atau petak 227.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu menyatakan, dua pendaki terkahir sudah berhasil turun dengan selamat. Keduanya yakni M Adnan Fanani dan Firgiawan Listanto, pendaki asal Kabupaten Mojokerto.

200 personel dikerahkan

Setelah dipastikan tidak ada pendaki yang terjebak, petugas pelakukan pemadaman sejak Senin (22/7/2019) pagi keesokan harinya.

Baca juga: 6 Fakta Baru Kebakaran Hutan Gunung Panderman, 60 Hektar Dilalap Api hingga Semua Pendaki Selamat

Lebih dari 200 personel gabungan dikerahkan untuk memadamkan api. Mereka terbagi dalam tiga kelompok.

"Yang diterjunkan 200 lebih personel. Terdiri dari BPBD, TNI-Polri, Pehutani, LMDH dan relawan lainnya," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana (Penanggulangan Bencana) pada BPBD Kota Batu, Suhartono.

Mereka melakukan pemadaman dengan cara manual. Yaitu, dengan memukul api pakai ranting dan menyekatnya supaya tidak terus menjalar.

Lahan terbakar capai 60 hektare

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X