Perjalanan Kasus Bahar bin Smith: Aniaya 2 Remaja, Tuding Jokowi hingga Vonis yang Diapresiasi

Kompas.com - 10/07/2019, 07:01 WIB
Terdakwa Bahar bin Smith dalam sidang tuntutan di di Gedung Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung, Jalan Seram, Kamis (13/6/2019). KOMPAS.com/RENI SUSANTITerdakwa Bahar bin Smith dalam sidang tuntutan di di Gedung Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung, Jalan Seram, Kamis (13/6/2019).

KOMPAS.comBahar bin Smith divonis 3 tahun penjara oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Selasa (9/7/2019).

Majelis hakim menilai, Bahar secara sah dan meyakinkan melakukan penganiayaan terhadap dua pemuda, yakni MKU (17) dan CAJ (18).

Pada Desember tahun lalu, Bahar dilaporkan ke Polres Bogor atas dugaan secara bersama-sama di muka umum melakukan kekerasan terhadap orang atau penganiayaan dan/atau melakukan kekerasan terhadap anak, dengan nomor laporan LP/B/1125/XI/I/2018/JBR/Res Bgr tertanggal 5 Desember 2018.

Dalam laporan termuat, penganiayaan diduga dilakukan terhadap korban berinisial MHU (17) dan Ja (18) di sebuah pesantren di Kampung Kemang, Bogor, pada Sabtu 1 Desember pukul 11.00 WIB bersama dua orang lainnya.

Berikut ini perjalanan kasus Bahar bin Smith sejak diperiksa oleh Polda Jabar hingga sidang vonis:

18 Desember 2018

Bahar bin Smith diperiksa di Polda Jawa Barat terkait kasus dugaan penganiayaan. Dia datang dengan kemeja, sarung, serta kopiah putih. Bahar hanya tersenyum saat ditanya. Ada 9 pengacara yang mendampingi.

Setelah dicecar 34 pertanyaan, polisi menetapkan Bahar sebagai tersangka dan menahannya.

"Tersangka BS jam sekarang sudah dilakukan penahanan di Mapolda Jabar untuk proses hukum," kata Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto.

Baca juga: 5 Fakta di Balik Kasus Bahar bin Smith, Ditahan Polisi hingga Diduga Menganiaya 2 Anak

27 Desember 2019

Polisi mempertimbangkan penangguhan penahanan yang diajukan pengacara Bahar bin Smith.

"Jadi penyidik mempertimbangkan bahwa penyidikan kasus ini belum selesai, sehingga kami masih membutuhkan tersangka BS untuk dilakukan penyidikan kembali," ujar Direktur Ditreskrimum Polda Jawa Barat Kombes Pol Ikhsantyo Bagus.

16 Januari 2019

Polda Jabar memperpanjang masa penahanan Bahar bin Smith. Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto menyatakan, bahwa perpanjang masa penahanan terhadap Bahar bin Smith ini dilakukan selama 40 hari.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X