Cerita Mereka yang Berlebaran dengan Wara-wiri di Angkasa

Kompas.com - 07/06/2019, 10:48 WIB
Ilustrasi pilotdok Garuda Indonesia Ilustrasi pilot

KOMPAS.com - Lebaran adalah momen yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga tercinta, menunaikan shalat Idul Fitri bersama dan bersilaturahim. 

Namun, tidak semua orang bisa melaksanakannya karena harus menunaikan tugas. Profesi mereka tak mengenal kata tanggal merah.

Captain Maherda Ekananda, pilot Batik Air yang bertugas dalam masa mudik Lebaran, salah satunya.

Dalam masa puncak liburan (peak season) ini, hampir mustahil baginya untuk libur karena kontribusinya dibutuhkan untuk mengantarkan para pemudik ke kampung halaman.


Baca juga: Syukur Kusir Andong Tak Sangka Bisa Antar Jokowi, Ngobrol hingga Dikasih Angpau

Ironi memang, mengantarkan pulang orang lain sementara dirinya justru tidak bisa pulang. Namun, risiko itu sudah disadarinya sejak awal.

Dia mengaku tidak masalah dengan risiko tersebut dan saat ini yang menginjak tahun ke delapan dalam berkarier sebagai penerbang. Baginya, sudah biasa berlebaran dengan wara-wiri di angkasa.

Bahkan, Captain Maherda pernah merasakan bermalam takbir di kesunyian langit saat harus bertugas di malam Lebaran.

“Salah satu pengalaman paling pertama itu malam takbir karena saya harus terbang sampai pukul setengah satu pagi,” katanya.

Meski harus berteman dengan kesunyian di angkasa yang luas, justru itu adalah momentum yang sangat berkesan baginya dan membuat malam takbir lebih hikmat.

“Malam takbir itu terasa berbeda, biasanya bersahut-sahutan ramai, ini sepi tapi bisa lebih terasa hikmat,” ujarnya.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X