Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Hadiri Fashion Show Istana Berbatik, Gubernur Syamsuar Promosikan Batik Riau Hasil Kreasi Pebatik Daerah

Kompas.com - 02/10/2023, 09:46 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Gubernur Riau Syamsuar beserta istri menampilkan batik Riau hasil kreasi pebatik daerah saat menghadiri kegiatan Istana Berbatik dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2023 yang jatuh pada tanggal 2 Oktober, di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (1/10/2023).

Batik yang dikenakan orang nomor satu di Riau itu memiliki motif perahu baganduang berpadu bunga kiambang dalam balutan warna kuning dan dongker.

"Alhamdulillah tadi saya bersama istri mengenakan batik Riau saat peragaan busana di hadapan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) dan ibu Iriana Jokowi," katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (2/1/2023).

Baca juga: Simak, Berbagai Diskon Jenama Lokal Rayakan Hari Batik Nasional 2023

Menurut Syamsuar, kegiatan tersebut merupakan momen luar biasa untuk mempromosikan batik Riau yang melukiskan kebudayaan masyarakat di pasar nasional dan internasional karena juga dihadiri oleh duta besar (dubes) negara sahabat.

Istana Berbatik merupakan ajang promosi batik produk asli dan karya kreatif warisan budaya ke kancah dunia.

Kegiatan yang diselenggarakan di depan Istana Negara tersebut menampilkan fashion show batik dengan melibatkan lebih dari 500 peserta. Adapun para peserta ini terdiri dari pejabat negara, gubernur, public figure, artis, perwakilan kerajaan-kerajaan nusantara, hingga dubes negara sahabat.

Baca juga: Tampil di Acara Istana Berbatik, Pj Gubernur DKI Gunakan Berewok, Topi, dan Batik Bergambar Ondel-ondel

Sebagai salah satu peserta, Syamsuar menyambut baik kegiatan Istana Berbatik tersebut karena menjadi bukti keberpihakan pemerintah terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ekonomi kreatif (ekraf) pengrajin batik.

Ia berharap, kegiatan tersebut nantinya mampu meningkatkan penjualan batik Riau.

"Kegiatan ini bukti keberpihakan pemerintah terhadap pelaku UMKM ekraf pengrajin batik, harapannya konsumsi atau penjualan batik Riau meningkat nantinya," imbuhnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com