Pasca-anjlok, Jalur Kereta Api Lintas Selatan Kembali Normal

Kompas.com - 30/05/2019, 12:21 WIB
Para penumpang tengah menunggu jadwal kepergian kereta di Stasiun Bandung. Dok HUMAS PT KAI DAOP 2 BANDUNGPara penumpang tengah menunggu jadwal kepergian kereta di Stasiun Bandung.

BANDUNG, KOMPAS.com – Jalur kereta api lintas selatan kembali normal pasca-anjloknya KA Lodaya Tambahan Solo Balapan- Bandung, Rabu (29/5/2019) pukul 16.30 WIB.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, Noxy Citrea mengatakan, setelah dilakukan perbaikan, jalur selatan sudah bisa dilalui pada Kamis (30/5/2019) pukul 01.45 WIB.

“Alhamdulillah pukul 01.45 WIB lokasi di Km 193+0 antara Stasiun Lebakjero dan Stasiun Nagreg sudah bisa dilewati dengan pembatasan kecepatan 10 km/jam,” tutur Noxy kepada Kompas.com, Kamis.

Baca juga: Dampak KA Lodaya Anjlok, Kereta Terlambat di Madiun hingga 7 jam

Kereta pertama yang melewati jalur tersebut, sambung Noxy, adalah KA Kutojaya Selatan Tambahan.

“Ada tujuh kereta api dari wilayah Daop 2 yang terimbas anjloknya KA Lodaya,” tuturnya.

Ketujuh kereta tersebut harus mengubah pola operasinya dengan memutar ke lintas utara menuju Purwakarta, Cikampek, Cirebon,Puwokerto, Kroya untuk kemudian kembali ke lintas selatan.

Kereta-kereta yang memutar adalah KA Turangga, KA Lodaya reguler, KA Mutiara Selatan, KA Malabar, KA Kahuripan, KA Kutojaya Selatan, dan KA Lodaya Tambahan.

Akibat pola operasi yang berubah, kereta-kereta tersebut mengalami keterlambatan datang ke tujuan.

Baca juga: Cerita Penumpang Terdampak Kereta Anjlok, Bingung hingga Tidur di Lorong Kereta

Terkait penyebab anjloknya KA Lodaya Tambahan, Noxy menyatakan, hal tersebut masih dalam penyelidikan. Namun ia memastikan, petugas PT KAI siaga untuk menjamin kelancaran masa Angkutan Lebaran 2019.

“Pegawai PT KAI siaga di lintas dan mengikuti posko untuk memastikan masyarakat mudik dengan aman lancar dan selamat,” imbuhnya.

Atas ketidaknyamanan tersebut, Noxy atas nama PT KAI menyampaikan permohonan maaf.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X