Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Pesawat Masih Mahal, Pemudik di Sumsel Beralih Gunakan Kapal

Kompas.com - 21/05/2019, 19:53 WIB
Aji YK Putra,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

 PALEMBANG, KOMPAS.com - Mahalnya harga tiket pesawat membuat para pemudik di Sumatera Selatan (Sumsel) beralih menggunakan transportasi laut dan sungai untuk pulang ke kampung halaman.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Palembang, Capt  Mugen Sartoto mengatakan, jumlah pemudik yang menggunakan transportasi laut dan sungai di Sumsel diprediksi meningkat 4,8 persen pada tahun ini. 

"Untuk di Sumsel diperkirakan lebih dari 4,8 persen, karena samapai saat ini harga tiket masih relatif tinggi," katanya, Selasa (21/5/2019). 

Baca juga: Warga Sumatera Barat ke Jakarta Diprediksi Sedikit karena Tiket Pesawat Mahal

Mugen mengatakan, KSOP dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Palembang telah melakukan persiapan untuk angkutan mudik, dengan menyiakan pos pengamanan.

Jumlah lonjakan pemudik pun, diperkirakan akan berlangsung pada H-5 hingga H+5 sesudah lebaran. 

"Untuk wilayah Sumsel banyak wilayah tujuan pemudik yang berada di perairan. Transportasi sungai itu perlu perhatian khusus, karena banyak penumpangnya," ujarnya.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Mahal, Pemudik di Makassar Pilih Naik Kapal

Sementara itu, General Manager Pelindo II Palembang, Agus Edi Santoso menambahkan, mereka telah melakukan penambahan jadwal pelayaran di setiap pelabuhan untuk arus mudik.

Ia menjamin proses mudik Lebaran tahun ini akan berlangsung aman dan lancar.

"Fasilitas pelabuhan juga sudah disiapkan, dan pelayanan, tempat menyusui, disabilitas dan wifi ada diterminal penumpang kita," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com