KPU: 3 TPS di Jateng Gelar Pemungutan Suara Ulang

Kompas.com - 18/04/2019, 18:42 WIB
Anggota KPPS melakukan penghitungan surat suara di TPS 09 Kelurahan Mangkukusuman, Tegal, Jawa Tengah, Rabu (17/4/2019) malam. ANTARA FOTO/OKY LUKMANSYAHAnggota KPPS melakukan penghitungan surat suara di TPS 09 Kelurahan Mangkukusuman, Tegal, Jawa Tengah, Rabu (17/4/2019) malam.

SEMARANG, KOMPAS.com - Sebanyak 3 tempat pemungutan suara (TPS) di 2 kabupaten di Jawa Tengah terpaksa dilakukan pemungutan suara ulang (PSU). Alasannya, ada pelanggaran administrasi dalam prosesnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat mengatakan, 3 TPS yang melakukan PSU yaitu 2 TPS di Kabupaten Tegal dan 1 TPS di Kabupaten Jepara.

Tiga TPS itu dijadwalkan menggelar PSU pada Sabtu (20/4/2019).

"TPS di Jepara ada kesalahan karena ketua KPPS-nya tidak hadir, lalu diganti orang lain, dan itu tidak sesuai yang ada di dalam blanko," kata Drajat di kantor Gubernur Jateng di Semarang, Kamis (18/4/2019).

Baca juga: Surat Suara Tercoblos di Lombok Tengah, KPU NTB Siapkan Pemungutan Suara Ulang

Sementara 2 TPS di Tegal dilakukan PSU karena ada permasalahan teknis di lapangan. Menurut Drajat, di 2 TPS di Tegal ada pemilih yang tidak masuk ke daftar pemilih, namun diperbolehkan mencoblos di TPS tersebut.

"Dua TPS di Tegal, persoalannya karena ada pemilih di luar DPT, tapi mencoblos di TPS itu," tambahnya.

Meski ada PSU, KPU menegaskan bahwa kesalahan yang dilakukan tidak termasuk pelanggaran serius. Pelanggaran yang ada masuk kategori administrasi.

Baca juga: Bawaslu Sebut 12 TPS di Jatim Berpotensi Pemungutan Suara Ulang

Ditambahkan Drajat, PSU di 3 TPS akan dilakukan pada Sabtu (20/4/2019) mendatang. KPU segera mengirim logistik dan persiapan lain yang diperlukan untuk PSU.

"Kami juga akan sampaikan ke masyarakat setempat agar antusias mengikuti pemungutan suara ulang," tambahnya.

Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X