Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Telkom Terbakar, Jaringan Komunikasi di Ambon Terputus

Kompas.com - 05/02/2019, 16:37 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Kantor PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk yang berada di Jalan Pattimura, Ambon, Selasa (5/2/2019) sekira pukul 09.50 WIT terbakar. Kebakaran itu menghanguskan bagian belakang kantor yang diduga menjadi tempat penyimpanan peralatan penting kantor tersebut.

Untuk memadamkan kobaran api, belasan mobil pemadam kebakaran milik pemerintah kota Ambon langsung dikerahkan ke lokasi kejadian. Petugas kemudian berusaha memadamkan kobaran api untuk mencegah agar seluruh bangunan kantor itu tidak terbakar.

Hingga kini belum diketahui apa penyebab hingga kantor tersebut bisa terbakar. Namun, akibat kebakaran itu warga di Kota Ambon yang menggunakan jasa Telkomsel hingga kini tidak bisa mengakses internet termasuk juga melakukan komunikasi via telepon.

Baca juga: Jaringan Telekomunikasidi Ambon Terputus, PT Telkom Minta Maaf

Pantauan Kompas.com di lapangan, saat kebakaran terjadi, sejumlah petugas Telkom tampak berusaha menyelamatkan barang-barang penting dari dalamkantor tersebut.

Sementara polisi yang berada di lokasi kejadian langsung mengamankan kantor tersebut dan setelah api dapat dipadamkan polisi langsung memasang police line di kantor tersebut.

Usai kebakaran itu, baik pihak kepolisian mapun pihak berwenang dari PT Telkom Ambon belum memberikan penjelasan resmi terkait insiden kebakaran tersebut.

Sekretaris Kota Ambon Anthony Gustav Latuheru yang memantau langsung kebakaran tersebut di lokasi kejadian mengaku belum mendapatkan penjelasan dari pihak Telkom terkait penyebab kebakaran tersebut.

Baca juga: Kantor Telkom Terbakar, Layanan Online di Ambon Lumpuh

“Sampai sekarang belum tahu apa penyebabnya, tadi kita bicara tapi belum ada yang mau menjelaskan yang ejlas bangunan yang terbakar itu menurut mereka itu nadinya,”kata Latuheru kepada wartawan, Selasa (5/2/2019).

Dia mengakui akibat kebakaran tersebut jaringan internet yang menggunakan kartu Telkomsel tidak dapat difungsikan.

”Iya tidak bisa berfungsi, tadi saya juga bicara dengan mereka soal gangguan telekomunikasi karena yang terbakar itu merupakan nadi," ujarnya.

Untuk diketahui, mayoritas warga di Maluku dan Kota Ambon umumnya merupakan pelanggan Telkomsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com