Tahun Depan, Ridwan Kamil Gagas Program 'Jamu'

Kompas.com - 04/12/2018, 11:46 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Senin (9/11/2018). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANIGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Senin (9/11/2018).

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan meluncurkan program Jamu (Jalan Mulus) mulai tahun depan. Jamu merupakan program perbaikan jalan yang memprioritaskan kawasan pedesaan.

Hal itu dikatakan Ridwan usai melantik Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (4/12/2018) malam.

"Saya sampaikan, per Januari kita ada janji kampanye namanya Jamu (jalan mulus) itu kita akan kebut sampai ke desa-desa," ungkap Emil, sapaan akrabnya.

Ia menuturkan, program itu jadi komitmen Pemprov Jabar dalam hal pemerataan pembangunan, kendati masalah pedesaan tak sepenuhnya jadi tanggung jawab Pemprov Jabar.

Baca juga: Ridwan Kamil Sebut Menteri PUPR akan Bantu Revitalisasi Kalimalang

Ia menyontohkan, Kabupaten Tasikmalaya merupakan wilayah potensial akan hasil pertanian organiknya. Namun, kekurangannya masalah infrastruktur jalan kerap dikeluhkan masyarakat.

"Kelebihan Tasik di mata Indonesia adalah pertaniannya salah satunya yang organik, itu akan dijadikan percontohan. Tapi komplain-komplain masih ada khususnya terkait dengan infrastrukur," ungkapnya.

"Kita akan mencari cara, walaupun desa bukan kewenangan provinsi tapi ada sebuah upaya-upaya untuk melaksanakan komitmen masalah yang salah satunya yang mungkin terbanyak juga di kabupaten Tasikmalaya," jelasnya. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X