49 Bangunan Rusak Diterjang Puting Beliung di Jombang

Kompas.com - 24/11/2018, 22:20 WIB
Relawan dari BPBD Jombang Jawa Timur, melakukan pembersihan dan pemotongan pohon tumbang yang menimpa rumah Kholiq, warga Dusun Nglerep, Desa Kwaron, Kabupaten Jombang, Sabtu (24/11/2018) malam. KOMPAS.com/Moh. SyafiiRelawan dari BPBD Jombang Jawa Timur, melakukan pembersihan dan pemotongan pohon tumbang yang menimpa rumah Kholiq, warga Dusun Nglerep, Desa Kwaron, Kabupaten Jombang, Sabtu (24/11/2018) malam.

JOMBANG, KOMPAS.com - Bencana angin puting beliung menerjang wilayah Dusun Nglerep, Desa Kwaron, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (24/11/2018) petang.

Peristiwa itu menyebabkan 33 rumah dan 16 bangunan kios di sepanjang jalan di Dusun Nglerep rusak. Selain itu, sejumlah pohon juga tumbang.

"Hasil pendataan sementara, ada 33 rumah yang rusak dan 16 kios. Sebagian besar rusak ringan," kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang Gunadi saat ditemui di lokasi, Sabtu malam.

Gunadi mengatakan, tidak ada korban jiwa akibat bencana angin puting beliung yang terjadi pada Sabtu petang tersebut. BPBD Jombang beserta puluhan relawan masih melakukan pendataan dan identifikasi kerugian material.


Pantauan di lokasi, pada Sabtu malam tampak sejumlah relawan dari BPBD Jombang melakukan pembersihan dan pemotongan pohon yang tumbang dan menimpa salah satu rumah warga.

Rumah milik warga bernama Kholiq itu tertimpa pohon tumbang pada bagian depan sebelah timur.

Selain rumah Kholiq, pohon tumbang akibat terjangan angin puting beliung juga menimpa kediaman Subakir.

Baca juga: Puting Beliung Rusak Lahan Pertanian, Petani Terancam Merugi

"Pohon yang ini kita bersihkan besok pagi," ujar Gunadi saat berdialog dengan Subakir, pemilik rumah.

Subakir mengungkapkan, angin puting beliung datang sekitar pukul 16.00 WIB bersamaan dengan turunnya hujan.

"Tadi sekitar jam 16.00 WIB. Tidak lama, kira-kira ya tidak sampai 5 menit, tapi terus banyak pohon yang tumbang," katanya.

Hingga pukul 21.30 WIB, aliran listrik di wilayah Dusun Nglerep dan sebagian wilayah Kecamatan Diwek masih terputus.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X