Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelontorkan Dana hingga Rp 20 Miliar, Ridwan Kamil Siap Poles Wajah Kota Cirebon

Kompas.com - 15/11/2018, 11:58 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil akan mempercantik wajah Kota Cirebon. Hal itu dikatakan Ridwan saat berkeliling di Kota Cirebon, Rabu (14/11/2018) kemarin.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, akan merancang ulang desain ruang publik di sejumlah titik untuk dijadikan identitas kota dengan memenuhi aspek kenyamanan, keselamatan, keamanan, aksesibilitas, dan daya tarik.

Ia sempat mengunggah konsep penataan Kota Cirebon lewat akun Instagram pribadinya. Ada lima aspek yang bakal ia percantik.

"5 USULAN PENATAAN KOTA CIREBON agar bisa menjadi destinasi Kota Wisata keren se Indonesia: 1. Penataan Alun-alun baru di tahun 2019. 2. Penataan Main Street (Spt jln Malioboro atau jln Asia Afrika BDG) 3. Penataan Shopping Street yaitu ruas jalan untuk shopping/cafe. 4. Memaksimalkan wisata Keraton: Kasepuhan, Kacirebonan, Kanoman 5. Menkonversi gedung kolonial menjadi Pusat Budaya untuk kesenian. SEMOGA LANCAR DAN BERHASIL. #JABARJUARA," tulis Emil.

Baca juga: Ridwan Kamil Luncurkan Program Layad Rawat di Cirebon

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Emil mengatakan, alun-alun Kejaksan Cirebon akan ditata ulang. Selain itu, ia pun ingin memperbaiki Tugu Proklamasi agar lebih punya daya tarik.

"Kalau di Cirebon tahun depan kita bersepakat alun-alun Kejaksaan akan kita olah. Akan ada basement untuk kebutuhan parkir, karena kunjungan wisata religiusnya meningkat," katanya.

Ia juga berencana menata zona kaki lima di titik-titik keramaian di Kota Cirebon. Setelah itu, jalan Siliwangi Kota Cirebon akan disulap seperti Jalan Asia Afrika di Bandung.

"Seperti kalau di Bandung ada Jalan Asia Afrika, jadi kalau ada parade bisa dilangsungkan disitu," katanya.

Adapun gedung bekas kantor Bakorwil III Jabar bakal dimaksimalkan sebagai pusat budaya.

Baca juga: 5 Berita Populer: Baju Kerja Nyeleneh Ridwan Kamil dan Kisah Tulang Belulang Sopir Taksi Online

"Jadi kalau wisatawan datang mau lihat tari- tarian mau lihat angklung musik daerah bisa kesini. Ini luas sekali, sehingga bisa juga ada gedung ekspos untuk memamerkan kerajinan, pameran, bazar, kita bisa renovasi, bisa juga ada museum, dan restoran," tuturnya.

Mantan Wali Kota Bandung itu menyebut, Pemprov Jabar akan menggelontorkan dana sekitar Rp 15 miliar - Rp 20 miliar untuk merealisasikan rencana itu.

"Kombinasi alun-alun yang keren, tempat budaya, jalan utama, yakin akan meningkatkan waktu kunjungan lebih lama. Sekarang kekurangan Cirebon yaitu kita gak tau mau nongkrong dimana kan? Dengan ada Cipali, bandara, jumlah hotel meningkat menandakan banyak akses ke sini. Tapi kalau tidak dibenahi kan orang bosen," jelasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com