Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lusa, Ridwan Kamil Luncurkan Program Layad Rawat di Kota Cirebon

Kompas.com - 12/11/2018, 15:12 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan meluncurkan program Layad Rawat sebagai inovasi unggulannya di bidang kesehatan. Program itu rencananya diluncurkan di Kota Cirebon pada Rabu (14/11/2018).

Kegiatan itu merupakan bagian dari peringatan Hari Kesehatan Nasional 2018.

"Rabu besok kita akan berinovasi dengan program Layad Rawat, kita akan mulai di Kota Cirebon," ucap Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Senin (12/11/2018).

Layad Rawat merupakan program ketika masyarakat akan mendapat penanganan medis langsung ke rumah oleh para perawat atau dokter secara gratis.

Program tersebut menjadi salah satu gagasan andalan Emil yang dibawa sewaktu ia menjabat wali kota Bandung.

"Mudah-mudahan program Layad Rawat ini menjadi inovasi, waktu di Bandung sangat favorit, sangat diapresiasi oleh masyarakat khususnya menengah ke bawah. Ini akan kita bawa ke seluruh Jawa Barat, insya Allah kesehatan di Jawa Barat akan meningkat pesat," tuturnya.

Baca juga: Layad Rawat Akan Mulai November, Warganet Apresiasi Ridwan Kamil

Selain itu, Pemprov Jabar juga akan membangun 750 puskesmas baru dan rumah sakit di kecamatan yang tak bertumpu pada APBD.

"Ada 750 puskesmas baru yang dibangun, ada 300-an yang sudah diperbaiki. Kemudian kita ada inovasi pembangunan rumah sakit di kecamatan-kecamatan yang tidak harus mengandalkan APBD terus. Karena di Bogor ada rumah sakit yang bisa dibangun dengan zakat dan wakaf. Jadi kalau itu bisa, sehingga tidak melulu harus mengandalkan dari APBD," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com