Nama Mantan Wali Kota Batu Disebut-sebut dalam Kasus Dugaan Penipuan Ahmad Dhani

Kompas.com - 25/10/2018, 16:59 WIB
Ahmad Dhani menghadiri pemeriksaan di Mapolda Jatim, Rabu (24/10/2018) KOMPAS.com/ACHMAD FAIZALAhmad Dhani menghadiri pemeriksaan di Mapolda Jatim, Rabu (24/10/2018)

SURABAYA, KOMPAS.com - Kasus penipuan dan penggelapan yang melibatkan musisi Ahmad Dhani menyeret nama mantan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko. Nama narapidana kasus korupsi itu disebut yang menjamin utang Ahmad Dhani kepada Zaini Ilyas, pengusaha asal Sidoarjo Jawa Timur.

Ahmad Dhani dalam keterangannya menyebut utangnya sebesar Rp 400 juta kepada Zaini Ilyas atas rekomendasi Eddy Rumpoko. "Jadi urusan saya dengan Pak Eddy sebenarnya, bukan dengan pelapor," kata Dhani, Kamis (25/10/2018) di Maoolda Jawa Timur.

Dhani mengangap Eddy Rumpoko adalah teman baiknya. Dalam suatu acara di Malang pada 2016, Dhani mengutarakan ingin berinvestasi di sektor properti, lalu dia dikenalkan kepada Zaini Ilyas yang diminta Eddy Rumpoko meminjamkan uang senilai Rp 400 juta kepada Ahmad Dhani dengan jaminan Eddy Rumpoko.

Baca juga: Wali Kota Batu Eddy Rumpoko Dituntut 8 Tahun Penjara

Dalam pemeriksaan saksi, pihak penyidik Ditresktimum mengaku juga sudah memeriksa Eddy Rumpoko yang saat ini berada di Lapas Porong Sidoarjo. "Semua pihak terkait sudah diperiksa, termasuk Eddy Rumpoko di Lapas Porong," kata Direktur Reskrimum Polda Jawa Timur, Kombes Agung Yudha Wibowo.

Dalam kasus ini, Ahmad Dhani dilaporkan Zaini Ilyas karena dianggap tidak menepati janji pelunasan hutang sebesar Rp 200 juta. Pelapor juga mengaku sudah mengirim somasi kepada Ahmad Dhani namun tidak diindahkan.

Penyidik Polda Jawa Timur sudah 2 kali memeriksa Ahmad Dhani dalam kasus ini. Terakhir, dia diperiksa Rabu (24/10/2018) kemarin selama 6 jam. Kuasa hukum Ahmad Dhani menyebut, dalam pemeriksaan, kliennya menjawab 75 pertanyaan seputar proses utang piutangnya dengan pelapor. 

Baca juga: Diperiksa Kasus Vlog Idiot, Ahmad Dhani Sodorkan 3 Saksi Ahli

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X