Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Real Count Form C1, Sutiaji-Edi Klaim Menang di Pilkada Malang

Kompas.com - 28/06/2018, 09:26 WIB
Andi Hartik,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Pasangan calon nomor urut 3 Sutiaji - Sofyan Edi Jarwoko mengklaim kemenangannya atas dua pasangan lainnya di Pilkada Kota Malang, Rabu (27/6/2018) malam. Pasangan ini diusung Partai Demokrat dan Golkar.

Klaim itu didasarkan pada hasil real count data manual dengan penghitungan form C1, dan pesan singkat (SMS) dari saksi yang dikirimkan ke internal tim pemenangan.

Hasil dari tiga penghitungan real count form C1 dan SMS saksi itu menunjukkan pasangan Sutiaji - Sofyan Edi Jarwoko unggul sebesar 44,99 persen.

Sementara pasangan nomor urut 1 Yaqud Ananda Gudban - Ahmad Wanedi mendapatkan 16,91 persen suara. Pasangan ini diusung lima partai yakni PDI Perjuangan, PPP, PAN, Hanura, dan Nasdem.

Baca juga: Di Pilkada Malang, Anton Unggul di TPS-nya Meski Golput Karena Ditahan KPK

Kemudian pasangan nomor urut 2 M Anton - Samsul Mahmud mendapatkan 32,44 suara. Pasangan ini didukung PKB, Gerindra dan PKS.

"Kita berani mengklaim bahwa hari ini adalah kemennagan pasangan Sutiaji - Sofyan Edy Jarwoko," kata salah satu tim pemenangan, Noor Wahyudi.

Pasangan Sutiaji - Sofyan Edi Jarwoko merupakan pasangan yang masih lengkap. Sementara dua pasangan lainnya timpang karena calon wali kotanya ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena kasus korupsi. Yakni Yaqud Ananda Gudban dan M Anton.

Sementara itu, Sutiaji sengaja menggelar deklarasi kemenangan supaya suaranya dikawal sampai perhitungan akhir di KPU Kota Malang.

Baca juga: Petugas Linmas Meninggal Saat Amankan Pilkada Kota Malang

"Malam ini kami lakukan deklarasi kemenangan. Kenapa kita ambil sikap itu karena kita adalah masyarakat pers. Data di kami sudah jelas. Kami tidak ingin berubah, media harus mengawal itu," katanya.

Sutiaji mengatakan, kemenangannya adalah karena program yang disampaikan oleh pasangannya kepada masyarakat Kota Malang. Sutiaji pun mengklaim dirinya menang di 55 kelurahan yang ada di Kota Malang.

"Kita menang di 55 kelurahan. Artinya pemahaman (memilih) masyarakat sudah merata dan memberikan amanah kepada kita," katanya.

Baca juga: Debat Kandidat Pilkada Kota Malang Disesalkan Tak Singgung Isu Korupsi

Sementara itu, Sofyan Edi Jarwoko mengaku bahwa kemenangannya adalah berkat soliditas yang terbangun di antara timnya dan partai pengusung.

"Tentu ini adalah sebuah hasil yang dilakukan secara bersama - sama. Terutama berkat kekompakan oleh seluruh partai pengusung, tim relawan yang memberikan support," karanya.

Di sisi lain, hasil real count scan C1 di KPU Kota Malang belum terlihat. Petugas masih menghitung form C1 yang sudah sampai ke KPU Kota Malang.

Kompas TV Salah satu posko pengungsian adalah di balai Desa Alas Malang, Singojuruh.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com