Upaya "Hasanah" Turunkan Angka Pengangguran di Jabar hingga 50 Persen - Kompas.com

Upaya "Hasanah" Turunkan Angka Pengangguran di Jabar hingga 50 Persen

Kompas.com - 07/03/2018, 05:52 WIB
 Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Tubagus Hasanuddin atau yang akrab disapa Kang Hasan melakukan kunjungan ke sentra perajin keramik dan gerabah di Desa Anjun, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Selasa (6/3/2018).KOMPAS.com/Putra Prima Perdana. Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Tubagus Hasanuddin atau yang akrab disapa Kang Hasan melakukan kunjungan ke sentra perajin keramik dan gerabah di Desa Anjun, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Selasa (6/3/2018).

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 Tubagus Hasanuddin atau yang akrab disapa Kang Hasan melakukan kunjungan ke sentra perajin keramik dan gerabah di Desa Anjun, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Selasa (6/3/2018).

Kunjungan tersebut dilakukan calon gubernur dari pasangan Hasanah (TB Hasanuddin-Anton Charliyan) dalam rangka menyosialisasikan program Boga Gawe. Hasan menjelaskan, program unggulan tersebut dibuat untuk mengurangi pengangguran di Jawa Barat.

“Dengan program ini kita optimistis bisa mengurangi pengangguran hingga 50 persen,” kata Hasan seusai kunjungan.

Hasan menambahkan, jumlah  pengangguran di Jawa Barat saat ini mencapai 8,8 persen dari jumlah usia kerja atau sekitar 2,5 juta sesuai dengan data Badan Pusat Statistik Jawa Barat.

Jika nantinya Hasan menang di Pilkada Jawa Barat 2018 dan memimpin Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dengan program Boga Gawe, dia akan memperbanyak pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) serta program setingkat diploma bidang keterampilan dan wirausaha yang disesuaikan dengan karakter daerahnya masing-masing.

Baca juga : Pasangan Hasanah Akan Bikin Fasilitas Diving dan Surfing di Pantai Selatan Jabar

Selain itu, dia akan memberi ruang untuk tumbuhnya unit usaha mikro dengan memberi fasilitas modal, pelatihan dan marketing.

"Kita bisa mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ke dalam proyek Pemerintah Provinsi Jabar untuk dapat menampung pekerja melalui program padat karya," tuturnya.

Lebih lanjut Hasan menambahkan, langkah lainnya adalah membangun potensi ekonomi baru melalui investasi di bidang perdagangan, jasa dan pariwisata, serta bekerja sama dengan negara lain dalam penempatan tenaga kerja terampil yang bersertifikat.

"Kita bisa membangun SMK dan program setingkat diploma dalam mengajarkan bidang ketrampilan dan wirausaha," jelas Hasan.

Selain program Boga Gawe, Hasanah juga memiliki 7 program unggulan lain di antaranya adalah Jabar Sebeuh, Sakola Gratis, Imah Reumpeug dan Turkamling.

Baca juga : Solusi yang Ditawarkan Kang Hasan untuk Atasi Banjir di Jawa Barat

Di tempat yang sama, pemilik kerajinan keramik gerabah, Dede mengaku sangat mendukung penuh program Boga Gawe yang dimiliki Hasan. Sebab, menurut dia, program tersebut dinilai sebagai sebuah solusi yang bisa mengembangkan potensi UMKM di Kabupaten Purwakarta dan Jawa Barat.

"Saya pun mendukung program Boga Gawe yang dimiliki Kang Hasan, karena bisa membuka lapangan pekerjaan dengan mengajarkan wirausaha," katanya.

Kompas TV Di Bandung, Calon Gubernur Jawa Barat, TB Hasanuddin menghadiri deklarasi pilkada aman dan damai yang diselenggarakan oleh MUI Jawa Barat


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X