Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Hasanah Akan Bikin Fasilitas "Diving" dan "Surfing" di Pantai Selatan Jabar

Kompas.com - 06/03/2018, 05:53 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat TB Hasanudin- Anton Charliyan (Hasanah) berjanji akan meningkatkan pariwisata di Jawa Barat.

TB Hasanuddin atau yang akrab disapa Kang Hasan mengatakan, Jawa Barat punya potensi wisata, khususnya wisata laut di wilayah selatan.

"Wilayah selatan itu menurut peneliti, (pantai) Pameumpeuk sampai Caringin udaranya dingin. Dari sisi keindahan, wilayah selatan lebih baik dari utara sehingga harus dieksplore dengan berbagai macam kegiatan pariwisata," kata Hasan di kantor DPD PDI-P Jawa Barat, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Senin (5/3/2018).

Salah satu potensi wisata yang sangat mungkin dikembangkan di wilayah pantai selatan, menurut Hasan, adalah melalui olahraga diving dan selancar (surfing). Namun demikian, untuk mewujudkan fasilitas tersebut, fasilitas dan aksesibilitas yang memadai wajib dipenuhi.

Baca juga : Pasangan Hasanah Kampanyekan Jokowi sebagai Capres di Jabar

Menurut Hasan, saat ini akses perjalanan wisatawan menuju pantai di kawasan Pameupeuk hingga Caringin membutuhkan waktu perjalanan yang terbilang panjang. Selain itu, minimnya fasilitas penginapan dan infrastruktur penunjang lainnya membuat wisatawan enggan berlama-lama di pantai tersebut.

"Saya kira diving dan surfing bisa kita kembangkan di sana. Oleh karena itu, fasilitas penginapan dan lain-lainnya  harus ditunjang agar pengunjung betah. Pengusaha harus kita libatkan di sana," jelas anggota komisi I DPR RI itu.

Baca juga : Solusi yang Ditawarkan Kang Hasan untuk Atasi Banjir di Jawa Barat

Aksesibilitas, lanjut Hasan, harus fokus pada penyediaan jalan yang akan mempersingkat waktu tempuh perjalanan para wisatawan menuju objek wisata di pantai selatan.

"Jangan sampai seharian di perjalanan, liburannya juga cuma sehari, kan capek. Kalau fasilitas menunjang, wisatawan juga akan betah berlama-lama dan tertarik datang ke sana," tandasnya.

Kompas TV Di Bandung, Calon Gubernur Jawa Barat, TB Hasanuddin menghadiri deklarasi pilkada aman dan damai yang diselenggarakan oleh MUI Jawa Barat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com