Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

27 Dokter Spesialis Disiapkan untuk Tes Kesehatan Kandidat Pilkada Aceh

Kompas.com - 13/01/2018, 16:38 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Sebanyak 27 dokter spesialis disiapkan Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah pada pilkada serentak 2018 di tiga kabupaten/kota di Aceh.

Wakil Direktur Bagian Penunjang RSUDZA dr Nurnikmah mengatakan, selain dokter, RSUDZA juga menyiapkan psikolog serta petugas Badan Narkotika Nasional (BNN).

"Rumah sakit juga menyiagakan 200 petugas kesehatan dan paramedis untuk penyelenggaraan pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon kepala dan wakil kepala daerah ini, yang pelaksanaannya akan berlangsung  dua hari," kata Nurnikmah, Sabtu (13/1/2017).

Sejak pagi, RSUDZA terlihat ramai para bakal calon dan tim pendukung masing-masing kandidat.

Baca juga: Tes Kesehatan Paslon Pilkada Lamandau dan Sukamara, Mobil Pelat Merah Tampak dalam Rombongan

Sebanyak 16 pasang pasangan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dari tiga kabupaten/kota di Provinsi Aceh ini akan melakukan pemeriksaan kesehatan pada hari pertama. Pemeriksaan meliputi pemeriksaan fisik dan neuro behavior alias kondisi perilaku didasarkan pada fungsi otak.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Ridwan Hadi mengatakan, tiga kabupaten/kota di Provinsi Aceh yang akan melaksanakan pilkada serentak adalah Kabupaten Pidie Jaya, Aceh Selatan, dan Kota Subulussalam.

Ridwan menjelaskan, pemeriksaan kesehatan dilaksanakan di RSUDZA karena memiliki fasilitas yang lengkap dan sesuai aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Baca juga: Kontestan Pilkada Tanjungpinang: Tes Psikologi Paling Menantang

"Jadi, masing-masing bakal calon kepala daerah datang ke Banda Aceh sejak tadi malam dan sekarang sedang menjalani tes. Mereka akan menjalani tes selama dua hari dan hasilnya akan kami dapatkan pekan depan sesuai jadwal," kata Ridwan.

Pilkada Kabupaten Pidie Jaya akan diikuti empat bakal calon pasangan kepala dan wakil kepala daerah, Aiyub Abbas-Said Mulyadi, Yusri Yusuf-Saifullah, Muhamad Yusuf-Anwar Ishak, serta Muhibuddin Husen-M Yusuf Ibrahim.

Baca juga: Jaksa Agung Minta Elite Parpol Menyejukkan Suasana Jelang Pilkada

Kabupaten Aceh Selatan akan diikuti tujuh bakal calon, yakni HT Sama Indra- H Harmaini, H Azwir-Tgk Amran, H Mirwan MS-Zirhan, Husin Yusuf-Mustafril, Karman-Afdal Yasin, Zulkarnaini-M Jasa, dan pasangan Darman-Baital Makmur.

Pilkada Kota Subulusalam diikuti lima pasangan bakal calon, yakni Sartina-Dedi Anwar, Asmauddin-Asmidar, Affan Alfian Bintang-Salmaza, Jalaluddin-Wagiman, dan Anasri-Sabaruddin.

Kompas TV Isu mahar politik saat ini, jadi perbincangan dalam Pilkada Jawa Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com