Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sindiran Gus Ipul untuk Partai Pengusung Khofifah di Pilkada Jatim

Kompas.com - 04/12/2017, 06:08 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SIDOARJO, KOMPAS.com — Bakal calon Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) melontarkan sindiran untuk partai pendukung lawannya di Pilkada Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Empat partai pengusung Khofifah, yakni Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Hanura, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), disebut tidak konsisten dengan mekanisme yang dibuatnya sendiri dalam memilih calon gubernur yang diusung.

"Ibarat partai-partai tersebut menyelenggarakan lomba, pemenangnya justru yang tidak ikut lomba," kata Gus Ipul saat menghadiri Rapimwil PPP Jatim, Minggu (3/12/2017) malam, di Surabaya.

Saat keempat partai tersebut membuka pendaftaran cagub dan cawagub Jatim, Gus Ipul mendaftar sesuai mekanisme yang ada.

Namun, di tengah proses, pengurus DPP masing-masing partai mengambil alih dan menetapkan Khofifah sebagai cagub yang diusung meski Khofifah tidak mendaftar resmi di masing-masing partai.

(Baca juga: PPP Undang Gus Ipul dan Khofifah Paparkan Visi Misi Membangun Jatim)

"Tetapi, saya tetap menghormati apa pun keputusan dan mekanisme partai. Sebab, saya sadar, keputusan partai politik masih tersentral di DPP," ucapnya.

Wakil gubernur Jatim ini mencontohkan, kedatangan dirinya di forum Rapimwil PPP Jatim untuk menyampaikan visi dan misi sebagai cagub Jatim. PPP Jatim juga mengundang Khofifah untuk menyampaikan visi dan misinya membangun Jatim.

"Meskipun PPP tidak mendukung, saya tetap menghormati undangan PPP, saya tetap akan menjalin hubungan silaturahim, dan saya tetap akan sowan ke kiai-kiai PPP," kata Gus Ipul.

Di Pilkada Jatim tahun depan, Gus Ipul yang berpasangan dengan Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi) diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). 

Kompas TV Partai Gerindra berkomitmen memunculkan sosok baru di ajang Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com