Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seruan "Wajib Ain" Dukung Khofifah di Pilkada Jatim 2018

Kompas.com - 13/11/2017, 07:22 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Kelompok relawan pendukung Khofifah Indar Parawansah dideklarasikan di Surabaya, Minggu (12/11/2017).

Selain memenangkan Khofifah di Pilkada Jatim tahun depan, mereka juga bertugas menyosialisasikan seruan Wajib 'Ain Dukung Khofifah di Pilkada Jatim.

Deklarasi relawan Sahabat Khofifah di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya itu dihadiri ratusan masyarakat dari kalangan santri pesantren, ulama, dan aktifis dari berbagai daerah seperti Lamongan, Sidoarjo, Pasuruan, dan Gresik.

"Sahabat Khofifah punya 2 tugas utama. Memenangkan Khofifah di Pilkada Jatim 2018, dan sosialisasi Wajib 'Ain bagi muslim di Jatim untuk dukung Khofifah di Pilkada Jatim," ucap pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya, KH Asep Saifudin Chalim.

(Baca juga : Khofifah Masih Enggan Ungkap Cawagub Pendamping, Ini Alasannya )

Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri penyerahan PKH dan BPNT di Kantor Kecamatan Sukun, Kota Malang, Minggu (12/11/2017)KOMPAS.com/Andi Hartik Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri penyerahan PKH dan BPNT di Kantor Kecamatan Sukun, Kota Malang, Minggu (12/11/2017)
Seruan wajib 'ain mendukung Khofifah di Pilkada Jatim sebelumnya sempat diprotes kelompok kiai pendukung Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Karena seruan itu dianggap mencampur aduk urusan politik yang dianggap duniawi, dengan urusan syariat Islam yang berorientasi akhirat.

Asep mengapresiasi semangat para relawan tersebut. Dia menganggap itu sebagai aspirasi warga Jatim untuk memilih Khofifah menjadi calon gubernur pengganti Soekarwo di Pilkada Jatim tahun depan.

"Ini inisiatif relawan sendiri, kami hanya menyediakan tempat," ungkapnya.

Meski sudah menyatakan kembali maju untuk ketiga kalinya di Pilkada Jatim, Menteri Sosial itu sampai saat ini belum menentukan figur calon wakilnya.

(Baca juga : Sebut Pilih Khofifah Wajib Ain, Kiai Pendukung Khofifah Diprotes)

 

Sampai hari ini, sudah 3 partai yang menyatakan mengusung Khofifah untuk maju di Pilkada Jatim 2018. Selain Partai Golkar, terdapat Partai Demokrat dan Partai Nasdem. 

Kompas TV Calon pendamping Khofifah Indar Parawansa di Pemilihan Gubernur Jawa Timur menurut rencana akan didiumumkan pada Rabu 15 November.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com