Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Penyelundupan Kendaraan ke Timor Leste, Polisi Pakai Metode Ini

Kompas.com - 20/10/2017, 07:09 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), saat ini telah menggunakan aplikasi model baru untuk mencegah prnyelundupan kendaraan bermotor dari Indonesia menuju ke Timor Leste.

Kapolres Belu AKBP Yandri Irsan mengatakan, metode yang digunakan berbasis Informasi dan Teknologi yakni Belu Anticipation System (Blast) Border Security (Sistem Aplikasi Keamanan Perbatasan).

"Tentu ini merupakan inovasi teknologi Polres Belu dan pertama di Indonesia, untuk menanggulangi kasus penyelundupan kendaraan bermotor (Ranmor). Kendaraan bermotor yang masuk dan keluar menuju Indonesia harus melapor ke Satlantas Polres Belu terlebih dahulu,"kata Yandri kepada Kompas.com, Kamis (19/10/2017).

Selanjutnya ucap Yandri, petugas akan melakukan identifikasi kendaraan bermotor dan akan diberikan surat jalan.

Baca juga: Jaga Perbatasan, Satu Skuadron Pesawat Tempur Bakal Ditempatkan di Kupang

Dalam surat tersebut terdapat barcode yang terenskripsi, apabila kendaraan yang masuk dan keluar memiliki perbedaan data, maka petugas akan mengidentifikasi ulang dan menindak apabila terindikasi tindak kejahatan.

"Awalnya kita melihat banyaknya kendaraan yang keluar masuk Indonesia dan Timor Leste, dan selama ini dari pihak Bea Cukai dan Imigrasi, tidak bisa mengidentifikasi kendaraan itu sehingga dengan alat itu, kita akan mengetahui berapa lama kendaraan itu masuk ke Indonesia dan ada penyimpangan administrasi atau tidak," katanya.

"Begitu mobil itu masuk, langsung terekam oleh CCTV kita dan kena sensor kita, maka otomatis akan masuk ke data base kita. Jadi sistemnya komputerisasi, jadi begitu kendaraan itu kembali, langsung muncul identitas kendaraan secara rinci termasuk berapa lama masuk ke Indonesia," tambah dia.

Dengan menerapkan aplikasi itu lanjut Yandri, secara tidak langsung modus operandi penyelundupan mobil dengan menggunakan pelat nomor Timor Leste akan diketahui oleh kepolisian.

"Sudah satu bulan lebih kita terapkan sistem ini dan selama ini ada penyelundupan maka dengan pola itu sudah tidak ada lagi penyelundupan mobil ke Timor Leste," paparnya.

Selain Blast Border Security, Polres Belu juga menerapkan tiga inovasi utama lainnya yakni Blast Droid, Blast Button Stationary, dan Smart City.

Kompas TV Polisi Bekuk 38 Kg Sabu Selundupan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com