Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Warga Gowa Keracunan Makanan di Acara Pernikahan

Kompas.com - 16/09/2017, 10:32 WIB
Abdul Haq

Penulis


GOWA, KOMPAS.com - Puluhan warga di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, dilarikan ke sejumlah pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dan rumah sakit akibat keracunan usai menyantap makanan di acara pernikahan seorang warga, Jumat (15/9/2017) petang. Aparat kepolisian telah mengambil makanan di lokasi kejadian untuk tujuan penyelidikan.

"Sampel makanan telah dikirim ke Lab (laboratorium forensik) untuk memastikan penyebab pasti keracunan massal ini," kata AKP Mangatas Tambunan, saat dikonfirmasi pada Sabtu, (16/9/2017).

Korban keracunan dirawat terpisah di Puskesmas Kampili, Puskesmas Bajeng, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syech Yusuf, serta Rumah Sakit Thalia Irham, karena merasa pusing, mual, dan muntah-muntah usai menyantap makanan di acara pernikahan di rumah Ramli Daeng Nyomba (45), di Dusun Pancana, Desa Julukanaya, Kecamatan Pallangga.

"Sakit perutku baru muntah terus pokoknya lima belas menit setelah saya makan di pesta," kata seorang korban, Hasmidah Daeng Baji (40).

(baca: Puluhan Karyawan Keracunan Makanan, Polisi Periksa Katering)

Banyaknya korban keracunan membuat ruang pelayanan puskesmas dipenuhi warga.

Saat ini, sejumlah pasien telah diperbolehkan pulang atau rawat jalan. Sementara aparat kepolisian masih mendata jumlah korban keracunan tersebut.

"Gejala sama yakni pusing dan mual dan ini akibat faktor konsumsi makanan" kata Sri Wahyuni, dokter di Puskesmas Kampili.

Kompas TV Warga Rusun Romokalisari Keracunan Limbah B3 Asal Korsel
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com