Festival Pesona Danau Limboto Digelar di Gorontalo

Kompas.com - 16/09/2016, 16:15 WIB
KOMPAS.com/Rosyid Azhar Parade pakaian adat Gorontalo yang ditampilkan dalam pembukaan Festival Pesona Danau Limboto di Pentadio Resor

GORONTALO, KOMPAS.com – Festival Pesona Danau Limboto dibuka Bupati Goronalo Nelson Pomalingo di Kawasan Wisata Air Panas Petadio Resort, Jumat (16/9/2016) sore.

Festival dimulai dengan pawai budaya yang menampilkan busana adat dan seni tradisi  berbagai suku di Indonesia yang ada di Kabupaten Gorontalo, seperti Reog Ponorogo, busan adat Sangihe-Talaud, Bolaang Mongondow, Jawa Tondano, Bali dan lainnya.

Seni tradisi Gorontalo dipersembahkan secara rinci dan detail dengan menampilkan prosesi pernikahan, dikili, dayango, mopilihu lo limu (mandi lemon) yang melibatkan Lembaga Adat Kabupaten Gorontalo bersama masyarakat.

“Kami mengharapkan festival ini dapat mengangkat keindahan budaya dan alam Gorontalo. Kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Nelson.

Prosesi pembukaan Festival Pesona Danau Limboto menyedot perhatian ribuan masyarakat. Mereka memenuhi kawasan pentadio resort hingga di bibir danau. 

“Dalam pembukaan ini kami menyuguhkan karnaval budaya etnik di Indonesia, parade karawo, kendaraan tradisional, dan atraksi seni tradisi,” kata Azis Nurhamidin, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kominfo Kabupaten Gorontalo.

Azis menambahkan, Festival Pesona Danau Limboto merupakan sarana promosi pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Gorontalo yang digelar di kawasan air panas di pinggir Danau Limboto.

Sejumlah kegiatan dilaksanakan selama beberapa hari hingga Senin mendatang. Kegiatan itu adalah pemilihan Nou dan Uti, Alanggaya atau layang-layang tradisional dan lomba perahu tradisional Danau Limboto, Gorontalo Gemilang Expo, burung berkicau, Adventure Motor Trail dan Fotografi, balap merpati dan pesta kuliner tradisi.

“Gorontalo kaya budaya dan memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Ayo datang ke Gorontalo,” ungkap Nelson.


EditorCaroline Damanik

Close Ads X