Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bungker Kuno di Balaikota Solo Bisa Jadi Obyek Wisata

Kompas.com - 08/11/2013, 20:11 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SOLO, KOMPAS.com - Proses ekskavasi sebuah bungker kuno peninggalan masa Belanda di area Balaikota Solo, terus dilanjutkan sembari menunggu laporan dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah.

Bungker raksasa tersebut berada di bagian barat gedung Balaikota di lahan kosong bekas gedung Dharma Wanita.

Penemuan bungker tersebut berawal dari rencana pembangunan Kantor Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMT) yang baru. Saat itu Wali Kota Solo adalah Joko Widodo, yang kini menjadi Gubernur DKI Jakarta. Pemerintah Kota Solo pun melaporkan penemuan bunker tersebut ke pihak BPCB.

Dari pengamatan Kompas.com, bungker tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri bagi pegawai Pemkot Solo atau warga yang sedang berada di Balaikota. “Saya tidak membayangkan ada bungker di sini. Unik saja, Mas,” kata Budi, warga Solo yang sedang menyaksikan proses ekskavasi, Jumat (8/11/2013).

Sementara itu, Pemkot Solo berkomitmen untuk menjaga keberadaan bungker kuno tersebut.

Rencana pembangunan gedung BPMT yang dihentikan karena temuan bungker tersebut tetap akan dilanjutkan sambil menunggu hasil penelitian BPCB.  “Kita masih menunggu hasil dari BPCB untuk menentukan pemanfaatan lokasi tersebut,” kata Endah Sitaresmi, Kepala Dinas Tata Ruang Kota Pemkot Solo, Jumat.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan bungker tersebut bisa dijadikan dayat tarik wisata tanpa mengganggu kinerja pegawai pemerintah Kota Solo.

“Mungkin lantai atas bisa kantor, dan bawahnya bungker. Nanti bagaimana caranya bisa kegiatan pemerintahan berjalan tanpa merusak cagar budaya,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com