Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Arus Mudik, Perbaikan Jalan Nasional di Madura Dikebut

Kompas.com - 26/07/2013, 17:52 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis


PAMEKASAN, KOMPAS.com — Menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 2013, perbaikan jalan nasional di sepanjang Pulau Madura tengah dikebut meskipun menghadapi sejumlah kendala seperti curah hujan yang cukup tinggi.

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Jawa Timur memberikan waktu hingga H-10 hari raya Idul Fitri untuk menuntaskan perbaikan jalan mulai dari Pelabuhan Kamal, Kabupaten Bangkalan, hingga Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Pamekasan, Muhammad Junaedi mengatakan, hingga H-12 Idul Fitri, perbaikan jalan nasional di Madura terus dikebut. Bahkan pekerjaan itu sudah dilakukan sejak awal Ramadhan agar tidak terlalu mepet dengan arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1434 H.

“Kita kebut pekerjaan penutupan lubang-lubang jalan selagi masih ada sisa waktu yang diberikan oleh Dinas PU Bina Marga Jawa Timur. Setiap hari petugas dikerahkan di empat kabupaten di Madura,” terang Junaedi, Jumat (26/7/2013).

Junaedi menjelaskan, pekerjaan penutupan lubang tersebut memang menemui kendala. Salah satunya adalah curah hujan di Madura yang masih sangat tinggi meskipun sudah masuk musim kemarau. Sehingga, kata Junaedi, petugas harus berkejaran dengan hujan untuk memperbaiki jalan.

“Kalau sudah bersamaan dengan hujan, petugas tidak mungkin mengerjakannya. Sebab hal itu akan sia-sia karena aspalnya tidak lengket dan beberapa hari dari penambalan akan mengelupas lagi,” ungkapnya.

Saat ini pihaknya masih berfokus pada penambalan lubang jalan dan bibir jalan yang mengalami retak. Untuk sementara badan jalan yang sedikit retak masih dibiarkan terlebih dahulu.

“Nanti kalau lubang-lubang sudah tertutup semua, maka badan jalan yang retak akan kita perbaiki juga,” tandasnya.

Junaedi menegaskan, secara umum kondisi jalan nasional di Madura mulai dari Kamal, Bangkalan sampai Kalianget Sumenep, kondisinya sudah mantap. Sebab sudah setahun yang lalu beberapa ruas jalan sudah diperkuat dan dilebarkan.

Untuk jalan-jalan yang belum dilebarkan, pekerjaan akan dilakukan secara bertahap seraya menunggu anggaran dari pemerintah pusat dan rencananya dilakukan tahun ini juga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com