Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 15 Miliar untuk Perbaikan Jalan Rusak Jelang Lebaran

Kompas.com - 01/07/2013, 12:40 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com - Jalan sepanjang 289 kilometer atau atau 17 persen dari total 1.700 kilometer di Kabupaten Malang, Jawa Timur, kondisinya rusak. Menjelang Lebaran nanti, ditargetkan jalan yang rusak tersebut selesai diperbaiki dengan anggaran senilai Rp 15 miliar.

"Mulai bulan ini (Juli), sudah mulai diperbaiki. Kami targetkan, sebelum Lebaran proses perbaikan sudah harus selesai," jelas Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Malang Muhammad Anwar, Senin (1/7/2013).

Anwar menyatakan pihaknya menagetkan perbaikan jalan selesai sebelum Lebaran supaya tidak mengganggu transportasi selama arus mudik atau balik.

Dia menyebutkan beberapa jalan yang harus segera diperbaiki, di antaranya jalan-jalan strategis seperti Jalan Turen-Sanan Kerto, Wajak dan Tumpang-Bokor, Kecamatan Turen. Selain itu, jalan desa yang juga mengalami kerusakan dan harus segera diperbaiki ada 7.000 kilometer.

"Kerusakannya mencapai 40 persen. Sebagian besar jalan desa yang rusak itu berada di kawasan Malang Selatan, seperti di Gondanglegi, Sumbermanjing Wetan dan Kecamatan Bululawang," katanya.

Dana yang akan dialokasikan untuk perbaikan jalan desa, lanjut Anwar, senilai Rp 37,8 miliar bersumber dari APBD 2013 Kabupaten Malang.

"Dana itu diberikan dengan pola kemitraan. Maka juga sharing dengan masyarakat di desa setempat. Karena jumlah desa di Kabupaten Malang sebanyak 378 desa," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com