Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Harvesting Gernas BBI-BBWI 2024, Ada Layanan Sertifikasi Halal Gratis hingga Pelatihan UMKM

Kompas.com - 27/05/2024, 11:03 WIB
Ikhsan Fatkhurrohman Dahlan,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel SA Supriono membuka agenda Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI-BBWI) di Halaman Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumsel, Minggu (26/5/2024).

Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang ditujukan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat pada produk lokal serta mengenalkan sektor pariwisata Sumsel.

Sekda Provinsi Sumsel SA Supriono mengungkapkan, pada agenda Harvesting Gernas ini, Pemprov Sumsel turut membuka 1.000 kuota pendaftaran sertifikasi halal gratis bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Tujuannya untuk memperkuat ekonomi syariah di Sumatera Selatan,” kata Supriono dalam keterangan persnya, Senin (27/5/2024).

Baca juga: Optimalisasi Lahan Rawa Seluas 98.400 Hektare, Pemprov Sumsel Optimistis Target Produksi 3,1 Ton GKG Tercapai

Di samping itu, terdapat juga fasilitasi UMKM lain, seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), layanan pajak, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kemudian, Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), serta Akses Pembiayaan dan Asuransi Mikro oleh Lembaga Jasa Keuangan (LJK).

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) SA Supriono saat menyerahkan hadiah kepada salah satu pelaku UMUM dalam agenda Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI-BBWI) di Halaman Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumsel, Minggu (26/5/2024).DOK. Humas Pemprov Sumsel Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) SA Supriono saat menyerahkan hadiah kepada salah satu pelaku UMUM dalam agenda Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI-BBWI) di Halaman Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumsel, Minggu (26/5/2024).

Tidak hanya itu, Supriono mengatakan, Pemprov juga Sumsel akan melaksanakan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM dengan berkolaborasi bersama OJK. Menurutnya, kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan secara hybrid pada 17 kabupaten/kota di Sumsel.

“Kemudian, product matching yang memfasilitasi pertemuan antara LJK dengan UMKM untuk produk pembiayaan yang sesuai kebutuhan dan kemampuan UMKM. Lalu, Harvesting, kegiatan expo UMKM yang dilaksanakan bersamaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sumsel,” imbuhnya.

Baca juga: Pj Gubernur Sumsel: Kami akan Kembalikan Kejayaan Bumi Sriwijaya

Adapun menurut data, terdapat 2.685.063 UMKM di Sumsel dengan modal kerja dan investasi sebesar Rp 12.050.221 dan omzet sebesar Rp 34.019.900. Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.339.179 tenaga kerja telah terserap.

Lebih lanjut, Supriono berharap agenda Harvesting Gernas BBI-BBWI 2024 ini dapat menjadi momen untuk berkolaborasi dalam meningkatkan sektor UMKM dan pariwisata di Provinsi Sumsel.

Sebagai informasi, kegiatan Harvesting Gernas BBI-BBWI 2024 ini turut dimeriahkan dengan sederet pameran produk-produk unggulan dari berbagai UMKM di Sumsel. Terdapat juga promosi pariwisata Provinsi Sumsel melalui pengenalan berbagai destinasi wisata maupun pertunjukan seni dan budaya.

Dalam agenda tersebut, turut hadir Ketua Dewan Komisioner OJK Republik Indonesia (RI) Mahendra Siregar serta Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan dan Edukasi dan Perlindungan Konsumen (EPK) OJK RI Friderica Widyasari Dewi.

Baca juga: Rajin Munculkan Inovasi dan Terobosan, Pj Gubernur Sumsel Terima Penghargaan dari PDN

Hadir juga Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi Odo RM Manuhutu, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Muhammad Niel El Himam, dan Kepala OJK Provinsi Sumsel dan Bangka Belitung Untung Nugroho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com