Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Promosikan Wisata, Bupati Eddy: Dairi Siap Jadi Tuan Rumah Aquabike Jetski World Championship 

Kompas.com - 31/10/2023, 17:08 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabupaten Dairi siap menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship Lake Toba pada Rabu (22/11/2023) hingga Minggu (26/11/2023).

"Dairi siap menjadi salah satu tuan rumah Aquabike Jetski World Championship dari empat daerah di sekitar Danau Toba dengan fasilitas terbaik di Tao Silalahi, Kecamatan Silahisabungan," tutur Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu melalui keterangan persnya, Selasa (31/10/2023).

Menurut Eddy, penyelenggaraan event internasional itu dapat menjadi sarana promosi destinasi Danau Toba di Dairi yang tepat.

Pasalnya, lanjut dia, Aquabike Jetski World Championship telah menjadi strategi jangka panjang untuk mempromosikan dan meningkatkan destinasi destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) Danau Toba, khususnya Tao Silalahi. 

Eddy menyebutkan, Tao Silalahi merupakan salah satu daerah unggulan Kabupaten Dairi di bidang pariwisata. 

Baca juga: Badan Geologi Sebut Temuan Piramida di Danau Toba Perlu Penelitian

Pemkab Dairi telah melakukan berbagai upaya untuk membangun dan mendorong Kecamatan Silahisabungan sebagai bagian dari DPSP Danau Toba.

Hingga kini, Pemkab Dairi telah membangun dermaga bertaraf internasional serta Rumah Tanggal Silalahi yang mencakup plaza kuliner, kios cenderamata, jalur pedestrian, gazebo, amphitheater, tempat ibadah, dan menara pandang.  

Ada pula Sentra Industri Tenun di Silalahisabungan sebagai rumah dan pusat pelatihan dan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan tenun ulos di Kabupaten Dairi. 

Terlebih, Ulos Silalahi terkenal unik karena berasal dari perpaduan ulos etnik Pakpak, Karo, Simalungun, dan Toba.  

Tumbuhkan UMKM

Eddy menambahkan, pihaknya akan mendorong keterlibatan sektor perdagangan dan UMKM melalui Aquabike Jetski World Championship Lake Toba.

Baca juga: Waterfront City Pangururan, dari Danau Toba untuk Dunia

Dia menjelaskan, Pemkab Dairi terus menggenjot sektor perdagangan dan UMKM. Di sektor perdagangan, Pemkab Dairi mendapatkan alokasi pembangunan/revitalisasi Pasar Rakyat Sumbul sebesar Rp 6 miliar pada 2021.

Lalu, pada 2022, Pemkab Dairi mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 3 miliar untuk melaksanakan pembangunan/revitalisasi Pasar Rakyat Sidikalang. 

Pada 2023, kegiatan operasional Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT K-UMKM) di Sidikalang sudah dimulai. 

PLUT telah melakukan kegiatan fasilitasi promosi produk UMKM melalui kegiatan Bazz day UMKM Go Dairi yang dilaksanakan setiap minggu bersama 50 UMKM anggota komunitas UMKM Go Dairi.  

Pemkab Dairi juga tengah membangun Gedung Sentra Kopi di Dusun Barung-barung, Kecamatan Sidikalang dengan alokasi anggaran sebesar Rp 4,7 miliar pada 2023.  

Baca juga: Misi Agri Unggul Dijalankan untuk Optimalkan Pengembangan KPT di Kabupaten Dairi

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com