Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Bupati Hulu Sungai Tengah Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tingkat Kabupaten

Kompas.com - 28/10/2023, 20:39 WIB
Tim Konten,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Tengah, menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 di Halaman Kantor Bupati HST, Sabtu (28/10/2023).

Sebelum upacara dimulai, kegiatan diisi dengan pentas tari kolosal Wonderful Indonesia yang dibawakan gabungan pelajar, pramuka dan pemuda di Kabupaten HST.

Pada kesempatan tersebut, Bupati HST Aulia Oktafiandi hadir sebagai inspektur upacara, serta diikuti peserta dari Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Pemerintah Kabupaten HST, SOPD Lingkup Pemkab HST, Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), organisasi kepemudaan, perwakilan pelajar dan mahasiswa, serta para tamu undangan.

Agenda upacara dilanjutkan dengan pembacaan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo yang dibacakan oleh Bupati Aulia.

Ia mengatakan, Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dengan logo barisan manusia dan warna warni.

Logo tersebut menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa dan budaya yang menjadi sumber kekuatan untuk memajukan Indonesia.

"Indonesia sedang berproses menyelesaikan berbagai masalah, mulai dari korupsi, kemiskinan, hingga ujaran kebencian," ujar Aulia dikutip dari rilis resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (28/10/2023).

"Namun, semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur," tambahnya.

Untuk menciptakan generasi maju, ia berpesan agar kaum muda bisa menguasai dan mengikuti perkembangan teknologi dan arus informasi.

Selain itu, mereka juga perlu memiliki visi dan misi jangka panjang agar bisa menjadi sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

“Setiap pemuda perlu memiliki visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Mari, kita jadikan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan Negeri,” pungkas Aulia.

Selain pembacaan sambutan Menpora, dibacakan pula pembukaan Undang-undang Dasar UUD RI Tahun 1945 dan Keputusan Kongres Pemuda Indonesia Tahun 1928.

Usai upacara, Bupati Aulia Oktafiandi juga menyerahkan bonus secara simbolis kepada para atlet HST atas perolehan medali penggiat Komite Olahraga Masyarakat Indonesi (KORMI) HST pada ajang FORNAS VII yang digelar di Jawa Barat pada 2023.

Para atlet tersebut adalah M. Aditya Rachman dan Muhammad Nashir dari cabang olahraga tradisional balogo beregu dengan peraihan medali emas. Keduanya mendapat bonus masing-masing senilai Rp 5 juta.

Selanjutnya, bonus senilai Rp 1.250.000 diberikan kepada peraih medali perak cabang olahraga airsoft gun atac marksmanship, Ahmadi. Terakhir, penghargaan senilai Rp 750.000 diberikan kepada Ahmadi, peraih medali perunggu dalam pertandingan KST sniper buddies beregu.

Acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda kemudian ditutup dengan atraksi Rajang Saliwang dan atraksi Kuntau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com