Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Masa Jabatan Berakhir, Ali Mazi Serahkan Kepemimpinan Sultra kepada Pj Gubernur Andap Budhi Revianto

Kompas.com - 11/09/2023, 18:45 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar prosesi serah terima jabatan Gubernur serta Wakil Gubernur periode 2018-2023, Ali Mazi dan Lukman Abunawas, kepada Penjabat (Pj) Gubernur Andap Budhi Revianto, di Kantor Gubernur Sultra, Jumat (8/9/2023).

Acara itu dihadiri Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra, bupati dan wali kota se-Sultra, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sultra.

Untuk diketahui, pengangkatan Pj Gubernur Sultra dilakukan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Presiden Nomor 74/B/2023 tertanggal 4 September 2023 tentang Pengangkatan Pj Gubernur Sultra.

Dalam sambutannya, Ali Mazi mengatakan bahwa perjalanan lima tahun memimpin Sultra merupakan rahmat dari Tuhan.

“Ada beberapa program prioritas pembagunan yang sudah berjalan dan dirasakan (manfaatnya) oleh (masyarakat),” ujar Ali dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (11/9/2023).

Mewakili masyarakat Sultra, Ali berharap, Pj Gubernur Andap bisa menjalankan tugas dengan baik dan penuh komitmen.

Menanggapi hal tersebut, Andap mengatakan bahwa penugasan tersebut tak terlepas dari aspirasi dan rekomendasi DPRD Sultra yang diajukan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.

"Saya tidak menduga nama saya diajukan oleh wakil rakyat untuk mengemban amanah sebagai Pj Gubernur," ucap Andap.

Pengangkatannya sebagai Pj Gubernur Sultra, kata dia, merupakan kehormatan dan tanggung jawab besar yang akan diemban sepenuh hati. Oleh sebab itu, dia berkomitmen untuk bekerja keras guna mewujudkan visi dan misi pembangunan bagi masyarakat Sultra.

Andap menjelaskan, salah satu atensi yang harus dikerjakan adalah memetakan masalah guna peningkatan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam (SDA) di Sultra. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Amanah yang tak kalah penting adalah penyelesaian tugas-tugas yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 dengan sebaik-baiknya,” imbuh Andap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com