Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Hadiri Pelantikan Pj Gubernur Sultra, Ali Mazi: Penunjukan Andap Budhi Sudah Tepat

Kompas.com - 08/09/2023, 11:25 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Purnawirawan (Purn) Andap Budhi Revianto sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Adapun pelantikan Andap dilakukan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Penunjukan tersebut pun mendapat sambutan baik dari Gubernur Sultra periode sebelumnya, yakni Ali Mazi, yang turut hadir dalam pelantikan itu.

Menurutnya, penunjukan Andap merupakan hal yang tepat, terlebih Andap pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sultra pada masa kepemimpinan Ali, tepatnya pada 2016-2018.

“Andap memiliki latar belakang pendidikan dan riwayat jabatan yang sesuai untuk menempati posisi penjabat gubernur. Beliau memiliki kapasitas, pengetahuan, dan pengalaman mumpuni,” ujar Ali dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (7/9/2023).

Ali Mazi meyakini, di bawah kepemimpinan Andap, Sultra akan terjaga dengan baik, apalagi dalam menghadapi momentum pesta demokrasi pada 2024.

Baca juga: Masa Jabatan Usai, Ali Mazi Minta Dukungan Masyarakat Sultra Maju Jadi Caleg DPR RI

Pada kesempatan sama, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sultra Silvester Sili Laba mengatakan bahwa pihaknya merasa bangga dengan penunjukan Andap.

“Andap merupakan jenderal yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk Indonesia,” ujar Silvester.

Profil Andap

Sebelum ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sultra, Andap bertugas sebagai Sekretaris Jenderal Kemenkumham.

Ia lahir di Jakarta pada 23 Juni 1966. Artinya, Andap genap berusia 57 tahun saat ditunjuk Jokowi menjadi Pj Gubernur Sultra.

Dikutip dari laman Kemenkumham, Andap menempuh pendidikannya di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) pada 1985-1988. Ia melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi Kepolisian (PTIK) dan lulus pada 2000.

Andap kemudian melanjutkan pendidikan di Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) pada 2005. Dirinya juga tercatat pernah menempuh pendidikan di Sekolah Staf dan Pimpinan Administrasi Tingkat Tinggi (Sespati).

Baca juga: Ditunjuk Jadi Pj Gubernur Sultra, Siapa Andap Budhi Revianto?

Andap kembali melanjutkan pendidikannya di Lembaga Ketahanan Nasional Penyelenggaraan Program Pendidikan Reguler Angkatan (Lemhannas PPRA) dan lulus 2015.

Sebagai informasi, Andap dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pada Agustus 2023.

Dia dinilai memiliki jasa penting di berbagai posisi di daerah, termasuk menjadi Kapolda selama tiga kali berturut-turut. Ia pun berhasil melahirkan inovasi pelayanan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) berbasis teknologi digital.

Selama berkarier di kepolisian, dirinya mendapatkan sejumlah tanda jasa, seperti Bintang Bhayangkara Pratama, Bintang Bhayangkara Nararya, Satyalancana Pengabdian 32 Tahun, Satyalancana Jana Utama, dan Satyalancana Ksatria Bhayangkara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com