Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Resmikan Jalan Tol Kendari-Toronipa, Gubernur Ali Mazi: Ini Satu-Satunya Tol Gratis di Indonesia

Kompas.com - 05/09/2023, 17:27 WIB
Aningtias Jatmika,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi meresmikan Jalan Tol Kendari-Toronipa pada Sabtu (2/8/2023).

Ali mengatakan, Jalan Tol Kendari-Toronipa dibangun untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Wakatobi serta sejumlah destinasi wisata bahari lain, seperti Pulau Bokori di Kendari dan Pulau Labengki di Konawe Utara.

“Tol tersebut merupakan satu-satunya jalan tol di Indonesia yang tanpa tarif alias gratis. Semoga (peluang) ekonomi baru akan bermunculan,” ujar Ali dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (5/9/2023).

Selain menunjang pariwisata di Sultra, tol tersebut juga akan menjadi jembatan pertumbuhan ekonomi. Pasalnya, tol ini menjadi infrastruktur yang menghubungkan kawasan industri Konawe dan Pelabuhan Kendari New Port.

Baca juga: Kadin Sultra Bersama Kemenkumham Fasilitasi Pelaku UMKM Cetak Izin Perusahaan Perseorangan

Pada kesempatan itu, Ali Mazi juga mengapresiasi rampungnya proyek tersebut yang bersamaan dengan penyelesaian masa jabatannya sebagai gubernur bersama Wakil Gubernur Lukman Abunawas.

Sebagai informasi, pembangunan jalan Jalan Tol Kendari-Toronipa dimulai pada 2019. Selama satu tahun, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra melakukan pembebasan lahan.

Pembangunan dilanjutkan dengan tahap pertama konstruksi dimulai pada Juli 2020 dengan nilai proyek Rp 150 miliar. Sementara, tahap kedua mencatatkan nilai proyek sebesar Rp 756 miliar.

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Provinsi Sultra Pahri Yamsul menjelaskan, tol tersebut memiliki panjang 14,3 km dan lebar 27 m. Tol ini mencakup jalan sepanjang 13,4 meter, tiga jembatan sepanjang 9.000 m, dan 6 box culvert.

“Fasilitas jalan tersebut juga meliputi jalur lalu lintas dengan lebar 2,8 meter, jalur sepeda, trotoar, dan saluran,” tutur Pahri.

Baca juga: Ditarget Kelar November 2023, Nih Progres Bendungan Ameroro di Sultra

Pahri menambahkan, salah satu keunggulan jalan tersebut adalah penggunaan konstruksi beton. Selain itu, jalan tol tersebut juga menggunakan aspal Buton yang merupakan produk aspal lokal.

Untuk diketahui, peresmian Jalan Tol Kendari-Toronipa dihadiri oleh forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sultra, Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Sultra, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Sultra, Sekretaris Daerah Sultra, Komandan Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Danlanal) Kendari, dan Komandan Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (Danlanud) Halu Oleo.

Kemudian, hadir pula Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sultra beserta pengurusnya, kepala daerah se-Sultra, serta sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com