Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Deras, 30 Hektare Lahan Padi Siap Panen di Ngawi Kebanjiran

Kompas.com - 02/11/2020, 21:40 WIB
Sukoco,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

NGAWI, KOMPAS.com - Hujan beberapa hari terakhir di Kabupaten Ngawi membuat aliran Sungai Madiun mengalami kenaikan debit air.

Sejumlah kawasan di Ngawi ikut terendam banjir. Di Kecamatan Kwadungan diperkirakan sekitar 20 hektare tanaman padi warga yang siap panen terendam banjir, sisanya 10 hektar tersebar di wilayah lain.

“Puluhan hektare lahan padi tersebut tersebar di beberapa desa antara lain di Simo, Tirak, Purwosari, Dinden dan Kendung,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ngawi Teguh Puryadi, melalui pesan singkat, Senin (2/11/2020).

Baca juga: Hujan 8 Jam, Banjir Landa 5 Kecamatan di Madiun

Teguh menambahkan, ketinggian air yang merendam tanaman padi di beberapa desa di Kecamatan Kwadungan sekitar 40 sentimeter.

Di musim hujan kali ini ada 30 desa dari 10 kecamatan berstatus waspada akan terjadinya banjir luapan dari Sungai Madiun.

“Waspada banjir di 30 desa berasal dari luapan Kali Madiun,” imbuh dia.

Untuk mengantisipasi bencana banjir, saat ini disiagakan sekitar 300 personel BPBD Kabupaten Ngawi ditambah personel dari TNI dan Polri.

Baca juga: Warga Terdampak Banjir di Banyumas Mulai Terserang Penyakit

Dari pantauan curah hujan di Kabupaten Ngawi dan sekitarnya diperkirakan masih tinggi.

"Kami menyediakan 40 perahu karet dan menyiapkan dapur umum untuk antisipasi  mengingat kondisi curah hujan masih tinggi,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com