Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Huntara Lebak, Menteri PPPA Saksikan Sendiri Banyak Pengungsi Tak Pakai Masker

Kompas.com - 10/07/2020, 06:20 WIB
Acep Nazmudin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

LEBAK, KOMPAS.com - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengaku prihatin dengan kondisi di pengungsian hunian sementara (huntara) korban banjir bandang dan longsor di Kabupaten Lebak, Banten.

Saat pandemi corona seperti saat ini, kata dia, kesadaran untuk menjalankan protokol kesehatan masih kurang.

Menteri PPPA datang ke pengungsian huntara di Kampung Cigobang, Desa Banjarsari, Kecamatan Lebakgedong, Lebak untuk merayakan Hari Anak Nasional, Kamis (9/7/2020).

Baca juga: Wilayahnya Sulit Sinyal Internet, Bupati Lebak Berlakukan Sekolah Tatap Muka

"Sepanjang masuk ke sini tadi, tidak ada masyarakat pakai masker, itu yang saya sayangkan," kata Menteri PPPA di lokasi pengungsian.

Di sana dia mengajak pengungsi menjalankan pola hidup bersih seperti cuci tangan, pakai masker dan tidak berkerumun untuk pencegahan Covid-19.

Dia berharap, pada saat New Normal seperti sekarang, masyarakat tidak salah persepsi dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Baca juga: Baduy Minta Dihapus dari Destinasi Wisata, Ini Kata Bupati Lebak

"Tinggal di huntara tidak jadi penghalang untuk menjalankan pola hidup bersih, satu-satunya yang bisa melindungi mereka dari Covid-19 adalah selalu pakai masker," kata dia 

Hingga saat ini, masih ada 186 KK yang tinggal huntara di Kampung Cigobang, sejak banjir bandang pada 1 Januari 2020 lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com