Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tenaga Medis Positif Covid-19 Diduga Tertular Dokter yang Pulang dari Jakarta

Kompas.com - 29/06/2020, 15:10 WIB
Heru Dahnur ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Tiga tenaga medis di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, terkonfirmasi positif Covid-19 setelah tertular dari seorang dokter yang pulang dari perjalanan ke Jakarta.

Tiga tenaga medis yang positif Covid-19 itu menambah daftar total pasien positif corona yang menjalani perawatan karantina menjadi 19 orang.

"Hari ini ada penambahan 3 orang positif dari tenaga kesehatan salah satu rumah sakit swasta di Pangkalpinang," kata Sekretaris Tim Gugus Tugas Covid-19 Bangka Belitung, Mikron Antariksa saat dihubungi Kompas.com, Senin (29/6/2020).

Baca juga: Tenaga Medis Dianiaya Saat Bertugas di RS, Kadinkes: Ini Menyedihkan

Mikron menuturkan, tiga tenaga kesehatan diketahui positif setelah dilakukan uji swab PCR.

Tenaga medis yang rata-rata berusia 30 tahunan itu diduga tepapar dari seorang dokter wanita berusia 60 tahun yang sebelumnya melakukan perjalanan ke Jakarta.

"Setelah hampir sepekan tidak ada penambahan, kemudian ditemukan 1 dokter positif Covid-19. Selanjutnya tracing tenaga medis didapat tiga yang positif, jadi total ada 4 tenaga medis yang terkonfirmasi," ujar Mikron.

Dengan adanya penambahan itu, maka total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kepulauan Bangka Belitung menjadi 152 orang.

Rinciannya, sebanyak 19 orang dalam proses perawatan, 2 meninggal dunia dan 131 orang dinyatakan sembuh.

"Ini peringatan bagi kita semua. Dalam new normal ini tetap laksanakan protokol kesehatan," pesan Mikron.

Baca juga: Polisi Periksa 3 Saksi Terkait Seorang Tenaga Medis yang Diduga Dianiaya Keluarga Jenazah Pasien Covid-19

Dari tim gugus tugas, kata Mikron, pihaknya terus berupaya memutus mata rantai pandemi. Seperti pelacakan melalui rapid test massal dan memverifikasi perkantoran yang menerapkan protokol kesehatan.

"Mudah-mudahan angka ini tidak bertambah lagi. Kita ingin fokus pasien yang dalam perawatan ini semuanya sembuh," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com