Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Kepada Prabowo, Gubernur Erzaldi Paparkan Rencana Strategis Pembangunan Babel

Kompas.com - 20/06/2020, 13:50 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman memaparkan rencana strategis terkait pertahanan negara di wilayah Babel dan program pembangunannya.

Dia mengatakan itu saat beraudiensi dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Ruang Rapat Menhan Republik Indonesia (RI), di Jakarta Pusat, Jumat (19/6/20).

Dalam pertemuan tersebut, Erzaldi menyampaikan program pembangunan, mulai dari sumber daya alam (SDA), hingga rencana pembangunan kantor wilayah pertahanan di lingkungan perkantoran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel.

Pemaparan Erzaldi utamanya berkaitan dengan SDA yang mencakup potensi ketahanan pangan dan industri pariwisata, mineral ikutan thorium, agrobisnis, perikanan, dan tentunya kepariwisataan.

Baca juga: Bertemu Prabowo, Ini yang Dibicarakan Gubernur Babel

"Saya menyampaikan kepada Pak Menhan, bagaimana upaya kita untuk percepatan peningkatan ketahanan pangan,” ungkapnya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Dia menyampaikan hal tersebut karena menurut Prabowo hal tersebut belum banyak dikelola secara maksimal dan profesional.

“Juga bagaimana strategisnya Bangka Belitung dari segi kewilayahan dan ternyata pak menteri sudah mempunyai rencana strategis untuk hal ini, dan mengambil langkah untuk dilaksanakan ke depan," tuturnya.

Pada kesempatan ini, Erzaldi juga menekankan bagaimana Babel akan bertransformasi bertahap dari perekonomian yang bertumpu pada pertambangan, menuju perekonomian berbasis industri pengolahan dan jasa, berdasarkan potensi daerah.

Baca juga: Selama Pandemi, Pasien Corona yang Meninggal di Babel hanya 2 Kasus

Setelah mendengar pemaparan Gubernur Erzaldi, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) akan menindaklanjuti dengan datang ke Babel dalam waktu dekat.

Pasalnya, pemerintah pusat, dalam hal ini Kemenhan menaruh perhatian yang besar terhadap potensi Bangka Belitung dalam ketahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Adapun, pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya di kediaman Prabowo.

Pertemuan ini juga pengembangan dari pertemuan Erzaldi dengan Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono di Kantor Kementerian Pertahanan RI di Jakarta belum lama ini.

Baca juga: RS Karantina Covid-19 di Babel Akan Dibangun dalam Waktu 1 Bulan

Pada kesempatan tersebut, turut hadir mendampingi Prabowo Sekretaris Jenderal Kemenhan Dony Hermawan. (LEO RANDIKA/ LISTYA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com