Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Papua Buka Suara soal Kabar Sakitnya Gubernur Enembe

Kompas.com - 14/04/2020, 16:52 WIB
Dhias Suwandi,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua buka suara mengenai informsi tentang kondisi kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Informasi yang menyebar, Gubernur Enembe terpaksa dievakuasi dari Jayapura ke Jakarta menggunakan pesawat Batik Air yang dicarter pada Selasa (14/3/2020) dini hari, karena sakit.

Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Papua Ridwan Rumasukun memastikan bila Gubernur Enembe diterbangkan ke Jakarta untuk pemeriksaan kesehatan tahunan rutin yang waktunya sudah lewat.

Baca juga: Sakit, Gubernur Papua Lukas Enembe Dirawat di RSPAD Gatot Soebroto

"Pada saat ini gubernur seharusnya sudah harus berangkat 1 minggu yang lalu untuk melakukan check-upnya, namun akan penetapan, status siaga ke tanggap darurat maka beliau harus menyelesaikan kegiatan yang menyangkut penyelesaian dari Covid-19," ujar Ridwan, di Jayapura, Selasa.

Ketika berangkat ke Jakarta, Ridwan memastikan Gubernur Enembe dalam kondisi stabil dan baru saja memimpin rapat penanganan Covid-19.

Tetapi ia tidak mengetahui pasti sampai kapan Gubernur Enembe berada di Jakarta.

"Kondisi Pak Gubernur saat ini sudah ada di RSPAD Gatot Subroto Jakarta dan beliau sedang melalukan check up, sampai kapan beliau di sana tergantung dari dokternya," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura Harold Pical mengakui, Gubernur Papua Lukas Enembe, diterbangkan ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan PK-LWB, Selasa (14/4/2020) dini hari, sekitar pukul 01.20 WIT.

Baca juga: Penjelasan Dokter Pribadi soal Kondisi Kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe

"Memang benar ada laporan tentang evakuasi Gubernur Enembe yang didampingi keluarga dan dokter pribadi dengan menggunakan pesawat Batik Air. Jumlah penumpang seluruhnya 10 orang ditambah kru," kata Pical, kepada Antara, di Jayapura, Selasa.

Ia mengungkapkan, kondisi Gubernur Enembe dilaporkan stabil dan setibanya di Jakarta akan langsung dibawa ke RSPAD Gatot Soebroto.

Pical mengaku tidak mengetahui tentang penyakit yang diderita orang nomor satu di Papua itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com