KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Lagi, Semarang Jadi Kota Pembangunan Manusia Terbaik di Jawa Tengah

Kompas.com - 29/02/2020, 09:27 WIB
Inadha Rahma Nidya,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Rilis Badan Pusat Statistika (BPS) menunjukkan, pada 2019 Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Semarang mencapai 83,19, meningkat dari tahun sebelumnya 82,72.

Angka tersebut membuat Kota Semarang kembali menjadi daerah dengan pembangunan manusia terbaik di Jawa Tengah. Predikat tersebut sudah dipegang Kota Semarang selama empat tahun.

Capaian IPM Kota Semarang juga mengungguli sejumlah kota besar lain di Indonesia seperti Bandung dengan 81,62, Makassar 82,25, dan Surabaya dengan 82,22.

Baca juga: Perbaiki Indeks Pembangunan Manusia, Ini yang Dilakukan Pemerintah

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi atau yang biasa disapa Hendi meyakini, tren positif pembangunan manusia Kota Semarang yang berlangsung dari 2016 merupakan hasil sinergitas seluruh pihak.

Pembangunan manusia tidak dapat dilakukan sepihak oleh pemerintah saja, semua pihak harus terlibat,” kata Hendi, seperti dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/2/2020).

Hendi menambahkan, sinergi yang kuat membuat program pemerintah dapat dirasakan manfaatnya dengan maksimal.

“Ini adalah representasi pola pembangunan bergerak bersama yang berjalan. Percuma punya program fasilitas publik tapi masyarakat tidak proaktif memanfaatkan,” kata Hendi.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com