Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinilai Berjasa di Bidang Budaya dan Pembangunan Manusia, Puan Maharani Terima Gelar HC dari Undip

Kompas.com - 14/02/2020, 16:18 WIB
Riska Farasonalia,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa kepada Ketua DPR Puan Maharani.

Gelar kehormatan untuk putri Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri itu diberikan dalam bidang kebudayaan dan kebijakan pembangunan manusia.

Penganugerahan untuk Puan digelar dalam sidang terbuka senat akademik di Gedung Auditorium Prof. Sudarto, Kampus Undip Tembalang Semarang, Jumat (14/2/2020).

Baca juga: Dari Kembang hingga Mobil Gegana, Jelang Gelar Doktor HC Puan Maharani

Megawati yang juga Ketua Umum PDI-P tampak turut serta mendampingi Puan setibanya ke lokasi acara pada pukul 13.00 WIB siang.

Dengan mengenakan setelan kebaya dipadukan dengan kain kain berwarna merah, Megawati menemani Puan yang tampil lengkap dengan jubah dan toga hitam.

Kedatangan keduanya pun menjadi pusat perhatian para tamu undangan di dalam gedung.

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu mantan Wapres Jusuf Kalla, Menhub Budi Karya Sumadi, Menkopulkam Mahfud MD, Sekjen DPP PDI-P Hasto Kristanto, Menkumham Yassona Laoly, dan sejumlah petinggi PDI-P dari berbagai daerah. 

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya yang dinyanyikam seluruh hadirin yang hadir.

"Memberikan sebuah kehormatan bagi (kedatangan) Ibu Presiden Indonesia kelima, Megawati Soekarnoputri sekaligus ibunda Ibu Puan Maharani sebagai penerima doktor honoris causa bidang Kebudayaan dan Kebijakan Pembangunan Nasional," kata Prof Yety Rochwulaningsih, salah satu tim penilai penganugerahan gelar kehormatan di Undip dalam sambutannya.

Baca juga: Puan Terima Gelar Doktor HC, Wali Kota Semarang: Menginspirasi

Dalam sambutannya, Puan mengatakan menerima gelar tersebut dengan berbagai pertimbangan. 

"Dengan berbagai pertimbangan, saya memutuskan untuk menerima anugerah Doktor Honoris Causa ini sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab saya dalam ikut membangun kemajuan bangsa dan negara," ujar Puan.

Puan berterima kasih kepada para pejabat negara yang hadir dalam acaranya kali ini.

Termasuk kepada Wakil Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), Kepala BPK RI hingga Menkeu Sri Mulyani. 

"Kepada yang terhormat Wakil Ketua DPR RI Pak Bamsoet, Kepala BPK, Pak Agus, Pak Mendagri, Pak Laoly, teman-teman wakil saya selama berada di DPR RI, Pak Mahfud. Juga untuk Mbakyu saya, Mbak Sri Mulyani. Terima kasih kepada semua pejabat negara yang telah hadir. Karena memang tidak gampang mengundang pejabat negara tentunya banyak yang sibuk. Karena kalau tidak sibuk berarti tidak bekerja," kata Puan dalam sambutannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com