Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Driver Ojek Online Aceh Unjuk Rasa Tolak Pemotongan Bonus

Kompas.com - 03/09/2019, 15:58 WIB
Raja Umar,
Farid Assifa

Tim Redaksi

ACEH, KOMPAS.com - Menyikapi kebijakan baru pemotongan bonus driver ojek online 50 persen dari sebelumnya oleh PT Go-Jek Indonesia, ratusan driver yang tergabung dalam Komunitas Driver Ojol Aceh (DOA) melakukan aksi demonstrasi di kantor DPRA dan kantor Gubernur Aceh, Sealsa (3/9/2019). 

Dalam aksinya, driver ojek online Aceh meminta Pemerintah Aceh dan DPRA  untuk ikut memperjuangkan bonus driver ojol Aceh tetap Rp 80.000 per hari seperti tarif sebelumnya.

Menurut Ari, aksi driver ojek online Aceh itu sebagai bentuk penolakan terhadap skema tarif baru yang dikeluarkan PT Go-Jek Indonesia dengan menambah poin, namun bonus yang diterima pengemudi turun dari sebelumnya.

“Kami meminta PT Go-Jek Indonesia untuk mengambalikan skema tarif lama, kalau poinnya ditambah seharusnya bonus juga ditambah,” katanya.

Baca juga: Anggota DPR Terpilih di Jember, Berangkat Pelantikan Naik Ojek Online

Ada pun kebijakan baru terkait bonus dan pencapaian kerja mitra ojek online yang telah berlaku sejak 2 September 2019, yakni poin 14 driver mendapat bonus Rp 10.000, poin 18 bonus Rp 15.000 dan poin 22 bonus Rp 15.000.

Namun poin 25, driver hanya mendapat bonus sama dengan poin 18, yakni Rp 15.000.

Sehingga total bonus harian yang diperoleh oleh pengemudi sebanyak Rp 55.000. Padahal sebelumnya, tarif lama bonus harian yang biasa diperoleh driver ojek online Rp 80.000 per hari.

“Kebijakan baru PT Go-Jek Indonesia semena-mena terhadap seluruh driver dan sangat tidak manusiawi. Perusahaan hanya mencari keuntungan besar dan menekan para driver untuk bekerja lebih dan memperoleh bonus yang kecil,” katanya.

Unjuk rasa driver ojol di kantor Gubernur Aceh disambut oleh Saifulah Abdul Gani, perwakilan humas Pemerintah Aceh.

Baca juga: Mogok Massal Diikuti Ribuan Pengemudi Ojek Online

 

Kepada massa, Abdul Gani mengatakan mendukung tuntutan para ojol Aceh dan berjanji akan menyampaikan aspirasi tersebut ke Plt gubernur Aceh.

"Saya mendukung apa yang sampaikan driver ojol hari ini, karena jasa driver ojol di Aceh selama ini sangat membantu transportasi masyarakat di Banda Aceh. Nanti setelah saya sampaikan kepada Plt akan saya kabari kembali keputusannya seperti apa," ucap Saiful Abdul Gani kepada demonstran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com