Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Ruang Belajar SMPN 22 Kota Pontianak Ambruk

Kompas.com - 26/04/2019, 17:14 WIB
Hendra Cipta,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Delapan ruang Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 22, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, ambruk, Jumat (26/4/2019) sekitar pukul 14.30 WIB.

Kepala SMP Negeri 22 Kota Pontianak, Santoso mengatakan, delapan ruang tersebut terdiri dari lima ruang kelas belajar, dua ruang laboratorium komputer, dan satu ruang guru.

Sebagaimana diketahui, gedung sekolah ini terdiri dari dua lantai. Untungnya tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Baca juga: Sekolah Ambruk di Cirebon, Siswa 2 Kelas Belajar dalam Satu Ruang

"Yang roboh itu empat lantai di atas, dan empat lantai di bawah," kata Santoso, ditemui di halaman sekolah, Jumat petang.

Menurut dia, tak ada tanda-tanda sebelum kejadian. Hanya saja bangunan tersebut memang sudah tua.

Dan beberapa pondasinya miring. Ditambah lagi, sebelum kejadian, hujan dan angin cukup kencang.

"Terkait beberapa pondasi yang miring, sebelumnya suda kita laporkan ke Dinas Pendidikan Kota Pontianak, tapi masih masuk perencanaan," ucapnya.

Baca juga: Angin Kencang Terjang Manggarai Timur, Bangunan di 7 Sekolah Ambruk

Dia menceritakan, sebelum kejadian, sudah tidak ada aktivitas belajar mengajar, hanya ada sejumlah siswa yang sedang latihan Paskibraka.

"Untungnya meraka latihan di ruang kelas yang lain. Ketika mendengar suara gemuruh, mereka langsung berhamburan keluar," jelasnya.

Pantauan Kompas.com di lapangan, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono bersama Kapolsek Pontianak Selatan, Kompol Anton Satria sudah meninjau lokasi sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com