Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Obyek Wisata yang Wajib Dikunjungi di Gorontalo

Kompas.com - 27/03/2019, 12:44 WIB
Rosyid A Azhar ,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

GORONTALO, KOMPAS.com - Wisatawan yang hendak ke Gorontalo jangan lewatkan berkunjung 6 obyek wisata menarik di provinsi yang mengandalkan keanekaragaman hayati dan budaya ini.

Keenam lokasi wisata ini menjadi jaminan wisata yang berkualitas, memberi beragam manfaat, menambah pengetahuan dan meningkatkan nilai pribadi.

“Gorontalo masuk kawasan Wallacea yang kaya keanekaragaman hayati, endemisitas tinggi, masyarakatnya ramah dan kaya budaya,” kata Ivone Reane Larekeng, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Provinsi Gorontalo, Rabu (27/3/2019).

Tekad untuk memanjakan wisatawan yang datang ke Gorontalo ditunjukkan oleh Pemerintah Kabupaten Pohuwato, kabupaten paling barat Provinsi Gorontalo ini sedang giat-giatnya mengeksplor daerahnya untuk dikenalkan kepada dunia.

Baca juga: DKP Bangun Kandang Pembesaran Tukik di Gorontalo Utara

“Wisata terbukti memberi dampak yang baik bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal,” kata Arfan Tangoi, Kepala Dinas pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pohuwato.

Keenam obyek wisata menarik ini telah dikenal sebagai lokasi yang sering dikunjungi wisatawan mancanegara dan nusantara.

Berikut obyek wisata tersebut;

1. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Para penjelajah yang datang berkunjung di sini sangat tertarik dengan hidupan liar yang ada di dalam hutan belantara ini.

Satwa yang menjadi maskot di taman nasional ini adalah burung maleo (Macrocephalon maleo), jenis burung berkaki besar atau megapodae yang menjadi penghuni hutan ini.

Dengan berjalan kaki selama 1 jam dari desa terakhir, wisatawan akan menjumpai kawasan peneluran burung maleo yang terbesar di dunia.

Lokasi ini bernama Hungayono, sebuah kawasan geothermal lebih dari 8 hektare yang menjadi lokasi peneluran.

Pulau Saronde di Kabupaten Gorontalo Utara yang memiliki pasir lembut, airjernih dan senja yang indahIstimewa Pulau Saronde di Kabupaten Gorontalo Utara yang memiliki pasir lembut, airjernih dan senja yang indah

Hungayono terletak di Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, 1 jam perjalanan santai dengan mobil atau motor dari Kota Gorontalo.

Maleo bertelur dengan menggali tanah lebih dulu hingga kedalaman 50 sentimeter, lalu meletakkan sebutir telur di dalam dan menguruknya. Panas bumi yang hangat akan menetaskan telur ini selama 60 hari.

Anakan yang menetas akan berjuang sendiri keluar dari timbunan tanah, kadang-kadang usaha mereka tidak berhasil akibat tersangkut akar atau digali oleh predator seperti biawak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com