Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemulihan Jalan Raya Gubeng Surabaya yang Ambles Dikebut

Kompas.com - 19/12/2018, 21:38 WIB
Ghinan Salman,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Selain melakukan penelitian untuk mengetahui penyebab utama amblesnya Jalan Raya Gubeng, hal yang perlu dilakukan adalah memberikan alternatif perbaikan.

Tujuannya adalah agar Jalan Raya Gubeng yang ambles itu bisa kembali dioperasikan dalam waktu cepat. Hal itu disampaikan Tim Ahli Bangunan Gedung Pemkot Surabaya, Muji Hermawan, Rabu (19/12/2018).

Menurut Muji, saat ini yang lebih penting dan harus diutamakan adalah pemulihan jalan yang ambles tersebut. Pihaknya akan menambah tembok penahan baru yeng lebih kokoh untuk melakukan perbaikan.

"Kita akan tambah tembok penahan baru melihat kondisi yang ada," kata Muji.

Baca juga: Rekomendasi PVMBG soal Jalan Gubeng Surabaya yang Ambles

Selain itu, pihaknya juga akan menimbun jalan ambles dengan material yang memang disyaratkan untuk bangunan teknik jalan.

"Itu juga akan segera kita lakukan," ujarnya.

Untuk sementara ini, kata Muji, bangunan di lokasi sekitar amblesnya Jalan Raya Gubeng cukup aman dan tidak ada masalah.

"Kami sampaikan bahwa kerusakan ini bersifat lokal. Hanya karena masalah beban air yang ada di lokasi itu menyebabkan tembok roboh. Yang kita fokuskan sekarang bersifat lokal, kita perbaiki di lokasi yang lokal," jelasnya.

Baca juga: Butuh Berapa Lama Menormalisasi Jalan Raya Gubeng Surabaya yang Ambles?

Dampak yang paling dirasakan, sambung Muji, adalah utilitas kabel telepon, listrik, dan saluran air. Namun, saat ini semua pihak sedang melakukan perbaikan.

"Kita akan perbaiki semua agar nanti perbaikan Jalan Raya Gubeng bisa berjalan dengan baik," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com