Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guguran Lava Pijar Gunung Merapi Terpantau hingga Puluhan Kali Per Hari

Kompas.com - 19/12/2018, 14:53 WIB
Wijaya Kusuma,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyatakan bahwa guguran lava pijar Gunung Merapi terpantau terjadi antara belasan kali hingga puluhan kali per hari. 

Pada Rabu (19/12/2018) ini, Gunung Merapi kembali mengalami guguran lava pijar akibat fase pertumbuhan kubah lava, yang terekam CCTV pada pukul 12.30 WIB. 

Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan, jika dilihat dari jumlah, guguran lava pijar pada tahun ini lebih kecil dibanding pada 2006 lalu yang mencapai ratusan guguran lava pihar per hari. 

Kemudian, pada tahun ini dari belasan hingga puluhan guguran lava tersebut hanya satu atau dua guguran lava yang mengarah ke Kali Gendol. 

Baca juga: Terkait Kondisi Merapi, Ini Kata Sri Sultan kepada Warganya

Menurut Hanik, guguran lava merupakan hal biasa namun masyarakat juga perlu waspada sehingga status Gunung Merapi saat ini, yakni Waspada atau Level II.

Kemudian, jarak aman pemantauan aktivitas Gunung Merapi oleh masyarakat yakni 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. 

"Kami pun melihat visualnya (guguran lava). Untuk saat ini, itu termasuk fenomena biasa. Untuk melihat secara aman jarak atau radius tetaplah 3 km," katanya. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com