Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Bongkar Makam Sulasmini yang Semula Dinyatakan Tewas Dipatuk Ular

Kompas.com - 29/11/2018, 16:29 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BLORA, KOMPAS.com - Satuan Reserse Kriminal Polres Blora, Jawa Tengah bekerja sama dengan tim dokter forensik Polda Jateng membongkar makam Sulasmini (37), warga Desa Bedingin, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah di tempat pemakaman umum (TPU) setempat, Kamis (29/11/2018) siang sekitar pukul 12.00 WIB.

Proses pembongkaran makam hingga 0topsi jasad ibu satu anak itu memakan waktu sekitar empat jam.

Sejumlah dokter yang didatangkan memeriksa jasad Sulasmini langsung di area pemakaman. Saat itu nampak warga turut berdatangan memenuhi TPU Desa Bedingin.

Kasat Reskrim Polres Blora, AKP Heri Dwi Utomo, menyampaikan, hasil sementara pemeriksaan medis telah ditemukan adanya unsur penganiayaan pada fisik korban.

Baca juga: Disebut Tewas Dipatuk Ular, Ternyata Sulasmini Dibunuh Suaminya Sendiri

"Ada luka memar dan lecet di leher. Sulasmini tewas dicekik suaminya sendiri," kata Heri kepada Kompas.com.

Dari pengakuan pelaku yang juga diperkuat oleh hasil autopsi tim dokter forensik Polda Jateng, Sulasmini dipastikan murni tewas akibat dicekik oleh suaminya, M Januri (38).

"Pelaku dijerat pasal 5 huruf a Jo pasal 44 ayat 3 tentang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga serta pasal 338 KUHP tentang pembunuhan," pungkas Heri.

Untuk diketahui, tim Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Blora, Jawa Tengah berhasil mengungkap kasus tewasnya Ibu satu anak , Sulasmini (37), warga Desa Bedingin, Kecamatan Todanan, Blora.

Baca juga: Januri Bunuh Istrinya karena Korban Menolak Diajak Berhubungan Intim

Sebelumnya pada Minggu (25/11/2018) siang sekitar pukul 12.00 WIB, Sulasmini ditemukan oleh ibundanya, Sarmini (55) sudah dalam kondisi tak bernyawa di atas ranjang kasurnya.

Hasil keterangan masyarakat dan keluarganya saat itu menyebut jika Sulasmini tewas akibat dipatuk ular. Dugaan warga itu mengerucut setelah ditemukan bekas luka pada leher Sulasmini.

Pihak keluarga Sulasmini pun mengamini hingga akhirnya Sulasmini langsung dimakamkan di tempat pemakaman umum setempat.

Janggal

Dalam perkembangannya, Satreskrim Polres Blora memeroleh laporan dari sejumlah warga dan kerabat Sulasmini yang merasa janggal akan kematian Sulasmini.

Baca juga: Usai Bunuh Sang Istri, Januri Tidur di Samping Jenazahnya

"Kami pun akhirnya melakukan penyidikan. Hasil pemeriksaan saksi dan keterangan yang kami himpun, kami mencurigai jika Suami Sulasmini terlibat dalam tewasnya Sulasmini," kata Kasat Reskrim Polres Blora, AKP Heri Dwi Utomo kepada Kompas.com, Rabu (28/11/2018) malam.

Tim Satreskrim Polres Blora akhirnya menggelandang Suami Sulasmini, M Januri (38) ke Mapolres Blora.

Setelah diinterogasi oleh tim penyidik Satrekrim Polres Blora, sambung Heri, buruh tani itu mengakui jika dialah pelaku utama yang nekat mengakhiri hidup istrinya sendiri, Sulasmini.

Bahkan, M Januri saat kejadian berupaya menutup-nutupi perbuatannya dengan memberikan keterangan palsu bahwa Sulasmini tewas dipatuk ular.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com