Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Jabar Akan Gelar West Java Economic Mission di Belgia

Kompas.com - 08/11/2018, 15:30 WIB
Dendi Ramdhani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menggelar West Java Economic Mission di Provinsi Wallonia, Belgia, pada 8-9 November 2019 mendatang.

Kegiatan itu merupakan salah satu bagian strategi promosi produk Jawa Barat di Belgia.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, beserta delegasi pemerintahan dan pebisnis asal Jawa Barat berkunjung ke Kantor KBRI Brussels di Belgia, Selasa (6/11/2018) lalu, untuk membahas agenda Pemprov Jabar selama di Belgia.

Rombongan Pemprov Jabar diterima langsung oleh Perwakilan Duta Besar RI untuk Kerajaan Belgia, Dupito Simamora.

Baca juga: Pemprov Jabar Akan Ekspor Mangga Gedong dan Manggis ke Jepang

"Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dalam rangka mengimplementasikan kerja sama sister province antara Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dengan Wallonia Region yang telah terjalin satu tahun yang lalu, akan menyelenggarakan West Java Econimic Mission yang dirangkaikan dengan Joint Working Group Meeting yang pertama dengan Wallonia," ujar Uu melalui siaran pers, Kamis (8/11/2018).

Uu menambahkan, ada sekitar 15 pengusaha dari berbagai komoditi seperti kopi, teh, kerajinan, fashion, dan animasi, yang bakal berpartisipasi dalam West Java Economic Mission yang akan diselenggarakan di Opera de Liege, Wallonia-Belgia.

Uu mengungkapkan, peluang kerja sama dengan Provinsi Wallonia cukup potensial mengingat warga Wallonia terkenal sebagai peminum kopi dan teh. Permintaan untuk dua komoditas itu cukup tinggi tiap tahunnya.

Tak hanya itu, Pemprov Jabar juga ingin belajar tentang karya animasi dari Wallonia yang terkenal dengan karya animasi seperti Asterix dan Obelix, Tin Tin serta Smurf.

"Jawa Barat dengan jumlah penduduk hampir 50 juta, siap untuk mendukung animasi dan perfilman Jawa Barat ke kancah internasional," kata Uu.

Baca juga: Bupati Indramayu Mundur, Pemprov Jabar Tunggu Hasil Rapat Dewan

Sebelumnya, Uu beserta rombongan juga sempat bertemu dengan Gubernur Namur, Denis Mathen, di Palais du Gouverneur di Namur, Wallonia, Belgia.

Denis pun menyambut baik agenda bisnis Provinsi Jabar di Belgia. Apalagi, hubungan kedua daerah itu sudah terjalin setahun lalu.

"Kami sangat bahagia bisa menerima Bapak Wakil Gubernur Jawa Barat beserta delegasi di Wallonia dan berharap misi ekonomi yang akan diselenggarakan esok hari berjalan sesuai harapan, serta dapat terjalin kontrak kerja sama business to business antar-pengusaha Wallonia dan Jawa Barat," ujar Denis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com