Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitudo 5,5 di Mamasa, Getarannya Terasa sampai Palopo

Kompas.com - 06/11/2018, 09:37 WIB
Amran Amir,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALOPO, KOMPAS.com - Gempa bermagnitudo 5,5 mengguncang Mamasa, Sulawesi Barat, Selasa (6/11/2018) pukul 02.35 WITA atau dini hari tadi. 

Gempa dengan kedalaman 12 kilometer tersebut dirasakan warga di Mamasa, Mamuju, Toraja, Polewali, Majene, Toraja Utara dan Palopo.

Menurut laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), guncangan yang dirasakan warga tersebut pusat gempa berada di darat 12 kilometer tenggara Mamasa.

Hingga pukul 08.25 WITA kembali terjadi gempa bumi tektonik di daerah Mamasa dan sekitarnya, dengan skala 3,4 magnitudo dengan kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berada di timur laut Mamasa.

Baca juga: Mamasa Diguncang Gempa, Belasan Siswi Pingsan

Plt Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar Joharman dalam siaran pers yang diterima mengatakan bahwa hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi yang terjadi terjadi akibat aktivitas sesar Saddang yang tidak berpotensi tsunami.

“Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG,” katanya, Selasa (06/11/2018).

Sementara itu warga di kota Palopo yang merasakan gempa tersebut mulai waspada dengan terjadinya gempa di Mamasa sejak beberapa hari terakhir.

“Tadi malam waktu gempa beberapa perabot rumah yang digantung jatuh, saya kira angin karena barusan hujan disertai angin tapi ternyata gempa bumi,” kata Irma warga kelurahan Sampoddo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com