Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres: Realisasi Hunian Korban Gempa NTB Rampung Maret 2019

Kompas.com - 04/11/2018, 18:28 WIB
Sandro Gatra

Editor

Sumber Antara

MATARAM, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla, mengatakan, realisasi pembangunan seluruh hunian tetap bagi korban gempa di Pulau Lombok dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, ditargetkan tuntas pada Maret 2019.

"Kita usahakan sampai bulan Maret 2019, artinya proses (pembangunannya) delapan bulan. Jadi sekarang sisa enam bulan," kata Kalla di kantor Gubernur NTB usai melakukan kunjungan ke sejumlah titik lokasi pembangunan hunian tetap di Kota Mataram, Minggu (4/11/2018), seperti dikutip Antara.

Pemerintah, jelasnya, menargetkan pembangunan dengan mendorong peran seluruh pihak yang terlibat, terutama pengusaha BUMN maupun lokal yang ditunjuk sebagai aplikator pembangunan.

"Tidak ada yang lain yang kita bicarakan hanya percepatan. Karena itu semuanya harus dilipatgandakan, aplikator yang membuat tiang-tiang beton itu juga harus dipercepat dari yang ada sekarang," ujarnya.

Begitu juga diharapkan kepada peran serta masyarakat, khususnya yang terdampak gempa untuk ikut membantu pemerintah dalam upaya percepatan pembangunannya.

"Pemerintah memberikan dana untuk membelikan bahan, kemudian dikerjakan bersama. Itu lah kenapa timbul peran kelompok masyarakat agar dia bergotong royong," ucapnya.

Berdasarkan data sementara sampai Oktober 2018, jumlah kepala keluarga yang kehilangan tempat tinggal sebanyak 204.449.

Dalam rinciannya, terdapat 83.808 rusak berat, 44.566 rusak sedang dan 76.075 rumah warga hanya rusak ringan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com