Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Genset Siap Dikirim untuk Bantu Korban Gempa di Palu-Donggala

Kompas.com - 05/10/2018, 12:32 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Kodam IV Diponegoro menambah alat untuk membantu proses evakuasi pasca-gempa di Donggala, yang disusul tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

Alat yang akan dikirim untuk membantu evakuasi yaitu genset. Sebelumnya, 2 helikopter dari Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) Semarang telah dikirim pada akhir pekan kemarin.

"Bantuan semua yang dibutuhkan kita himpun, dan juga kirim 50 genset tinggal diberangkatkan," ujar Panglima Kodam IV Diponegoro Mayor Jenderal Wuryanto, seusai upacara HUT Ke-73 TNI tingkat Jateng-DIY di Lanumad Ahmad Yani Semarang, Jumat (5/10/2018).

Jenderal bintang dua itu menambahkan, seluruh prajurit di Kodam IV juga telah menghimpun bantuan untuk membantu meringankan para korban gempa. Bantuan yang dihimpun dari para prajurit seluruhnya akan disalurkan ke Palu.

"Hari ini semua angkatan di Kodam IV siap untuk dikirim ke Palu, semua angkatan sudah siap, tinggal melalukan pemberangkatan dari instruksi Mabes TNI," tandasnya.

Baca juga: Tiba di Palu, Wapres Langsung Kunjungi Pengungsi di Balaroa

Terkait berapa personel yang dikirimkan, Kodam IV mengaku siap berapapun personel yang diminta.

"Semuanya siap, berapapun perintahnya kita sediakan," tambahnya.

Gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah hingga kini telah menelan ribuan korban jiwa. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) per 3 Oktober 2018, total jumlah korban tewas mencapai 1.374 orang.

Baca juga: Sempat Hilang Kontak, 8 Pedagang Roti Asal Sukabumi di Palu Akhirnya Pulang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com