Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khofifah Gandeng Australia Kembangkan Jagung di Madura

Kompas.com - 20/09/2018, 17:28 WIB
Taufiqurrahman,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur terpilih, Khofifah Indar Parawansa akan menggandeng pemerintah Australia dalam mengembangkan produktivitas jagung di Madura, setara dengan produktivitas Jawa Timur atau tingkat nasional. Rata-rata produktivitas jagung di Madura masih sangat rendah, yakni 2 ton per hektar.

Khofifah saat berada di Pamekasan, Rabu (19/9/2018), mengatakan, produktivitas jagung nasional rata-rata 9 ton per hektar.

Sedangkan di Jawa Timur rata-rata produktivitas jagung per hektar mencapai 5,4 ton per hektar.

Untuk di Madura baru 1-2 ton per hektar. Di Madura, potensi pengembangan jagung sangat besar.

"Berdasarkan uji coba pemerintah Australia di Pamekasan dan Sumenep, produktivitas jagung bisa mencapai 4 ton per hektar, bahkan bisa lebih," ujar Khofifah.

Baca juga: Khofifah Enggan Jadi Ketua Tim Sukses Jokowi-Maruf di Jawa Timur

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muslimat NU ini menambahkan, pengembangan produktivitas jagung di Madura masih ada kendala. Di antaranya soal bibit dan masa tanam. Namun kendala itu bisa diatasi.

"Kalau bibit bisa didrop oleh distributor. Sedangkan problem masa tanam di Pamekasan tinggal sosialisasi antara masa tanam padi ke tembakau, masih bisa di sela dengan tanaman jagung yang waktunya relatif singkat. Pihak Konsulat Jenderal Australia sudah bertemu saya kemarin soal pengembangan jagung Madura," ungkapnya.

Selain soal bibit dan masa tanam, persoalan irigasi juga perlu mendapat perhatian. Khofifah sudah memiliki data dan peta kebutuhan irigasi di Madura. Bahkan data tentang anggaran kebutuhan pembangunan irigasi, lengkap dengan titik kordinat per desa, juga sudah dikantongi.

"Data tentang kebutuhan irigasi sudah saya kantongi tiga hari yang lalu. Tinggal sinergitas pembangunan antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten dan kota yang perlu dibangun," ucapnya.

Baca juga: Khofifah: Kalau Saya, Ya Dukung Pak Jokowi...

Khofifah yakin, peningkatan produktivitas jagung di Madura akan berhasil dan bisa membantu program pemerintah untuk swasembada pangan naisonal.

Kompas TV Pernyataan ini diutarakan Khofifah seusai menghadiri peringatan Tahun Baru Islam dan Hari Santri Nasional.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com