Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Gubernur Babel Menunaikan Ibadah Haji Bersama AHY

Kompas.com - 24/08/2018, 17:12 WIB
Heru Dahnur ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Selama musim haji, bukan perkara mudah mendapatkan tempat untuk Shalat Jumat di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi.

Jutaan umat muslim dari berbagai penjuru dunia harus rela berdesakkan demi mendapatkan tempat terbaik.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengisahkan, rombongannya sudah masuk ke Masjidil Haram pukul 08.45, sementara shalat Jumat baru dimulai pukul 12.34 waktu setempat.

“Pada jam 9 pun sudah penuh sesak. Semua berjuang untuk dapat Shalat Jumat di (dalam) masjid,” kata Erzaldi kepada Kompas.com, melalui sambungan telepon pintar sekitar pukul 15.00 WIB, Jumat (24/8/2018).

Erzaldi mengungkapkan, pengalaman selama di Tanah Suci tidak dirasakan sendiri. Dalam rombongan haji, turut bergabung putra Presiden ke-6 Soesilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan istrinya, Annisa Pohan. Sementara Erzaldi ditemani istrinya, Melati.

“Kami satu rombongan dan satu maktab. (Saat bertemu) kami ngobrol biasa saja dan silaturahmi. Sehari sebelumnya sehabis zuhur juga bertemu ustaz Yusuf Mansur dan bersama-sama AHY juga makan siang bersama,” ujar Erzaldi.

Baca juga: Seorang Haji Asal Batam Hilang saat Wukuf di Armina

Menurut Erzaldi, cuaca Mekkah hingga Jumat waktu setempat berkisar 47 derajat celcius. Pada malam sebelumnya, dengan kondisi cuaca yang sedikit sejuk, rombongan jemaah haji telah menyelesaikan tahapan puncak, wukuf di Padang Arafah, serta melempar jumrah.

Pertemuan dengan elite partai dan pemuka agama di Tanah Suci, kata Erzaldi, sebagai sesuatu yang kebetulan. Ia pun berharap selalu tercipta kerukunan, meskipun adanya perbedaan pandangan dalam berpolitik.

“Selain doa (harapan) untuk pribadi dan keluarga, tentunya doa untuk masyarakat Babel agar lebih maju dan sejahtera, kuat menghadapi tantangan dan cobaan. Serta doa untuk NKRI agar terus berjaya, aman dan rukun, lebih bertakwa masyarakatnya,” ucap Erzaldi.

Baca juga: Pengais Bunga Kamboja Itu Akhirnya Berangkat Haji...

Kompas TV Saat ini jemaah haji Indonesia telah menjalani prosesi ibadah haji dan lebih lengkap soal kondisi jemaah haji Indonesia di Arab Saudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com